Rabu, 24 Februari 2016

Main-main ke Museum Nasional, Museum di Pusat Kota Jakarta yang Instagram-able

"Jakarta apa yang bisa di explore? Liat di instagram isinya gedung-gedung tinggi."
"Iya gitu-gitu aja sih Jakarta… Apa ya."
"Apa dong?"
"Museum Nasional paling."
"Oh iya iya. Tempat yang bagus buat foto ootd (Outfit of The Day-red) itu yah. Yang sering dipake foto banyak selebgram itu yah. Meluncur!"


***
  

Waktu itu hampir sebulan tinggal di Jakarta. Ngerasa bukan jadi diri sendiri kalo ngabisin weekend cuma pegang-pegang handphone sambil selonjoran di kamar. Setelah mengunjung beberapa mall sambil silaturahmi dengan beberapa kerabat yang sama-sama merantau di Jakarta, kepengen banget deh rasanya explore tempat unik ibu kota. Setelah scroll sana sini, pada akhirnya pilihan jatuh kepada Museum Nasional atau Musuem Gajah yang terletak di sebelah barat tugu Monumen Nasional (Monas) atau lebih tepatnya di Jalan Medan Merdeka Barat no. 12 Jakarta Pusat.
museum nasional jakarta
Bangunan Museum Nasional yang otentik

Terletak di pusat Kota Jakarta, Museum Nasional ini menyimpan sekitar 141.000 benda-benda bernilai sejarah yang terdiri dari koleksi prasejarah, arkeologi, numismatic dan heraldic, keramik, etnografi, sejarah, dan geografi. Cukup dengan membayar uang Rp5000,- saya akhirnya bisa masuk ke dalam museum untuk melihat benda-benda jaman kuno yang masih diabadikan hingga sekarang. Awas, jangan datang hari Senin atau Hari Besar yah karena museumnya tutup alias gak dibuka. Jangan dateng saat hari sudah gelap juga, selain karena jam operasional museum yang udah abis, kamu gak pengen 'kan ngalamin kejadian kayak di film Night at The Museum? :))


Jadwal dan harga tiket masuk Museum Nasional
Jadwal dan harga tiket masuk Museum Nasional

Setelah melewati pengecekan tas oleh security di pintu depan, saya memasuki ruangan yang disambut cantik patung Ganesa yakni patung berkepala gajah dengan perut buncit, memiliki empat lengan, serta belalai melengkung tajam ke kiri yang konon sering digunakan untuk mencicipi manisan pada tangan kiri bawahnya. ’"Hmm... Ternyata ini yah versi nyata Ganesa. Mirip logo tempat les pas jaman SMA! Hahaha,"’ celetuk saya ketika melihat wujud asli Arca tersebut. Yap, karena dikenal sebagai dewa ilmu pengetahuan, kecerdasan, dan pelindung, tak ayal Dewa Ganesa ini sering digunakan untuk logo-logo bimbel atau logo universitas di Indonesia, lho!


Patung Ganesa Dewa Ganesa
Ganesa at National Museum.


Arca Indonesia
Arca raksasa. Please don't touch. Kalo pecah susah nyarinya :(

Keluar dari ruangan Arca, saya menjumpai tempat yang tak asing bagi saya. Tak lain dan tak bukan ‘ootd spot’ yakni outdoor space di Museum Nasional dengan latar bangunan tua yang dihiasi dengan pilar-pilar putih yang menjuntai. So classic. Sebagai seorang Instagram-ers (bukan selebgram), saya pun tak melewatkan tempat yang satu ini. Dengan baju dan hijab seadanya, saya bersusah payah berpose dengan gaya so’ cool ala-ala cewe ootdindo yang nyatanya malah mirip cewe oon-indo. Sigh.

Museum Nasional Jakarta
Aslinya gak se-kalem ini kok. Percayalah~
"Mirip Museum yang di Bandung ini mah. Mirip Museum Geologi!" seru saya saat memasuki ruangan indoor di Museum Nasional. Semula saya kira Museum ini khas dengan Arca-nya, ternyata perkiraan saya salah setelah mengelilingi bagian dalamnya. Ada bermacam-macam benda peninggalan sejarah yang dipamerkan di sana. Dimulai dari gamelan, reog ponorogo, sampai Pasren yakni ruang bersemayam Dewi Sri yang lumayan bikin bulu kuduk berdiri. Ada juga medali, keramik, topeng kuno, miniatur desain rumah di Indonesia yang ditata rapi di dalam lemari kaca dengan disinari lampu neon kuning yang berdiri teratur di atas keramik hitam dengan dinding museum yang berwarna putih pucat, rasanya seperti dejavu saat saya mengunjungi Museum Geologi di Bandung. "Kangen mbandung deh," gerutu saya dalam hati. Orang sunda tuh gitu yah, pergi ke sana ke mari, ujung-ujungnya inget lagi ke tanah kelahiran. Ciri khas orang sunda yang terlalu cinta sama Bandung :")


Museum Nasional Jakarta
Ini! Suasana yang bikin flashback ke Museum Geologi Bandung :")!


miniatur rumah adat indonesia museum nasional jakarta
satu dari sekian banyak rumah adat khas Indonesia


pasren dewi sri museum nasional jakarta
Agak merinding pas liatin ini. Ruang bersemayam Dewi Sri~
Jadi, Denah Gedung Museum Nasional ini terbagi menjadi dua macam, yakni:
1. Gedung Lama yang terdiri dari koleksi sejarah, tekstil, keramik, etnografi, prasejarah, dan arkeologi,
2. Gedung Baru yang terdiri dari manusia dan lingkungan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan ekonomi, organisasi social dan pola pemukiman, khasanah emas dan keramik.

Kalo punya waktu luang, jelajahin tiap detail Museum Nasional itu seru, lho!  Selain bisa memperluas pengetahuan tentang benda-benda sejarah Indonesia, di sana juga banyak spot foto- able yang bikin feed
 bagus di akun Instagram kamu. Desain arsitektur yang modern nan kasik membuat Museum Nasional cocok untuk dimasukkan ke dalam weekend list buat kamu yang bosen jalan-jalan ke Mall di Jakarta. Selamat berakhir pekan! ;)

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© Hijab Ransel
Maira Gall