Sabtu, 29 April 2017

Manisnya Menghabiskan Akhir Pekan di Jakarta

city tour jakarta gratis


“Jakarta itu keras, lho.” Balasan chat teman lama setelah saya beberapa bulan memilih untuk kerja di ibu kota.
“Siapa bilang? Sekeras-kerasnya Jakarta, masih lebih keras keegoisanmuh”
………………
*No signal*


Mungkin bagi setiap orang tinggal di Jakarta masih menakutkan, tapi tidak bagi saya. Setelah lebih dari satu tahun menetap di sini, saya merasa kota ini sangat aman. Pergi keluar jam berapa pun akan selalu ramai bukan hanya di jalan besar namun di wilayah permukiman biasa sekali pun. Hiruk pikuk ibu kota membuat saya tenang dan nyaman apalagi saat akhir pekan tiba. Jika sedang tidak pulang ke Bandung, menghabiskan akhir pekan di Jakarta itu seperti sebuah senyuman semasa pdkt, manis, dan selalu terbayang-bayang.
Terdapat banyak alternatif kegiatan yang bisa kita lakukan untuk melewati akhir pekan yang indah di Jakarta. Mengeksplorasi setiap sudut ibu kota kita tercinta adalah kegiatan yang asyik karena Jakarta punya banyak tempat wisata dan tempat hangout yang nggak kalah nyentrik dari headlines gonjang ganjing tentang pilkada Jakarta. Bagi saya si anak rantau, berikut daftar kegiatan yang bisa kita lakukan untuk menghabiskan weekend biar nggak melulu nonton drama korea di kamar….


1. Enggak dipungkiri lagi, nongkrong di mall Jakarta merupakan hal favorit bagi
kaum yang enggan bertemu terik matahari.
 
epicentrum mall jakarta
Ada yang bisa tebak ini mall apa? ;)
Menurut data di media online, Jakarta merupakan kota dengan mall terbanyak di dunia. Gimana nggak, ada sekitar 173 unit mall berdiri di kota metropolitan ini. Anehnya, dari ratusan mall yang berdiri hampir tiap mall selalu penuh didatangi banyak visitor. Rata-rata mall di sini tergolong mewah, bukan karena saya udik, tapi memang kenyataannya demikian. Jangan heran, kalo sering bertemu artis idola lagi jalan-jalan juga. Sebaiknya kamu nggak mengeluarkan kamera buat minta foto bareng, kecuali yang kamu keluarkan adalah sebuah jurus ‘kekuatan hengpong jadul cekrek cekrek unch unch tayong’.

2. Berkunjung ke museum, berwisata sambil menambah pengetahuan tentang
masa lalu.
museum bank indonesia
Populitas emas di Museum Bank Indonesia yang beratnya sepadan dengan mas-mas di Jawa
Bukan cuma gedung tinggi, Jakarta juga punya banyak museum cantik yang bisa kita datangi. Meskipun ada istilah “yang lalu biarlah berlalu”, tapi kalimat itu nggak berlaku dalam konteks sejarah. Kejadian di masa lampau merupakan hal yang baik untuk kita pelajari agar kelak kita menjadi pintar akan nilai tentang bangsa kita. Terdapat puluhan museum di Jakarta yang bisa kita datangi dan salah satu museum instagramable yang menarik perhatian saya adalah Museum Nasional yang letaknya di dekat monas. Gimana sih dalemnya? Klik di sini untuk tau lebih lengkapnya.
 
museum nasional museum gajah
memasang tampang cool di Museum Nasional

3. Tanpa perlu merogoh kocek, berkeliling Jakarta menggunakan city tour
dapat menjadi kegiatan asyik yang sayang untuk dilewatkan.

bus gratis jakarta city tour jakarta
keliling wisata bareng mpok siti
 Sering disapa sebagai mpok siti, keberadaan bus dua tingkat ini menambah suasana ibu kota menjadi lebih manis. Saking seringnya melihat mpok siti berkeliaran, hal tersebut membuat saya penasaran untuk mencobanya. Tahun kemarin, saat saya ingin ke kota tua, dengan sengaja saya memparkirkan motor matic di IRTI monas dilanjutkan menyebrang ke depan balaikota. Di sana saya dan teman menunggu kehadiran mpok siti dengan seksama. Sesampainya dia di hadapan kami berdua, dengan gesit kami langsung naik ke lantai 2 agar bisa melihat Jakarta dari atas. Enaknya naik mpok siti, seluruh penumpang disesuaikan dengan jumlah kursi yang ada sehingga nggak ada kata desek-desekan layaknya naik trans Jakarta. Kita diminta duduk dengan tertib hingga pada akhirnya sampai di tujuan akhir, yakni kota tua Jakarta. Untuk lebih jelas mengenai rute mpok siti, cek twitter @citytourjakarta ;)

4. Berwisata tentang budaya pecinan? Berkunjung ke wilayah petak sembilan di glodok bisa jadi alternatif untuk weekend yang menarik.
 
Vihara Dharma Bhakti jakarta petak sembilan
menjelajah budaya pecinan
 Saat itu sedang berlangsung tahun baru imlek yang berarti hadirnya perayaan kirab Cap Go Meh di dekat glodok, Jakarta Barat. Sebagai seorang yang sejak kecil selalu dibawa Bapak melihat barongsai, hingga usia dewasa sekarang ini tiap tahunnya saya nggak pernah absen dalam menyaksikan penampilan barongsai. Melihat jadwal cap go meh tersebar di grup whatsapp keluarga, hal tersebut membuat saya langsung mengajak keponakan untuk melihat barongsai bersama. Setelah puas menonton pertunjukan yang ada, kami melanjutkan petualangan dengan berjalan ke daerah petak sembilan untuk menemukan vihara yang terkenal sambil melihat budaya orang-orang dalam merayakan imlek. Kami menyusuri jalan dengan bangunan yang rapi sampai akhirnya tiba di Vihara Dharma Bhakti. Ternyata, berkunjung ke wilayah pecinan bisa membuat weekend lebih unik dan menarik ;)

Vihara Dharma Bhakti jakarta petak sembilan
Vihara Dharma Bhakti


5. Mendatangi taman-taman unik di Jakarta, berbincang dengan teman sambil menikmati tenangnya suasana yang ada.
 
monas monumen nasional
hammock-ing di taman

Bosan nongkrong di mall atau kafe? Berkumpul di taman bisa menjadi meeting point yang seru, lho! Sekali-kali, membuat janji bertemu dengan teman di outdoor space agar bisa disapa angin sambil menikmati suasana yang tenang. Disarankan berkumpul saat menjelang sore karena jika siang hari, kita harus menghadapi terik matahari yang menyengat. Beberapa taman yang menarik untuk dikunjungi yakni taman menteng, taman di sekitaran monumen nasional, taman kalijodo sebagai ruang terbuka hijau baru yang kini sedang ramai dikunjungi warga Jakarta.
 
taman menteng
Suasana Taman Menteng (maaf kena sensor, dulu ke sini masih belum berhijab hihi)

6. Menjelajah ancol, one stop playing place yang bikin weekend makin seru
dari biasanya.
 
pintu masuk Ancol, pic by zonalibur
     Nggak perlu jauh-jauh pergi ke Sentosa Island di Singapura, cukup datang ke Taman Impian Jaya Ancol kamu akan menemukan berbagai tempat seru untuk bermain bareng teman-teman. Di Ancol kita bisa melakukan banyak kegiatan yang bikin have fun seperti menaiki semua wahana permainan di Dunia Fantasi (Dufan), melihat pertunjukan Gelanggang Samudra, berenang sembari memacu adrenaline di Atlantis Water Adventure, masuk ke aquarium bawah laut terbesar di Seaworld, melihat berbagai patung dan lukisan 3D di Alive Museum, mengabadikan moment di jembatan kayu tepi pantai, bermain air di pantai Ancol, serta mencicipi berbagai restaurant dengan konsep yang unik dan romantis. Saya yakin, menjelajah seluruh isi Ancol ini nggak cukup waktu sehari, guys. Tips dari saya adalah jangan pulang sebelum matahari gelap, karena suasana malam di pinggir pantai Ancol ini benar-benar syahdu dan tak terlupakan.
 
pantai ancol romantis
Ancol di malam hari yang tenang dan romantis

7. Staycation di hotel, melewati akhir pekan dengan bermalam di tempat
bernuansa baru.

nyaman sray di Reddoor @ Setiabudi Eight

      Ada sebagian orang yang ketika saya tanya, “Ngapain pergi ke luar kota?” mereka menjawab ingin menginap di hotel untuk mencari suasana baru. Menurut saya nggak perlu jauh-jauh ke luar kota, cukup mencari hotel menarik di Jakarta bisa menjadi pilihan berlibur saat akhir pekan datang. Sebagai seseorang yang masih perlu banyak menabung untuk masa depan, alternatif hotel murah menjadi solusi pintar agar bisa merasakan kenyamanan namun tetap masih aman (di kantong). Adalah menginap di Reddoorz, kita bisa menginap di hotel di berbagai kota dengan harga yang miring. Seperti contoh untuk lokasi Jakarta, terdapat banyak sekali pilihan kamar yang bisa kita pesan dengan mudah melalui website dengan alamat www.reddoorz.com . Yang bikin saya senang adalah discount-nya, sering sekali ada notification potongan harga untuk bermalam di sini. Sebagai blogger ala-ala, stay di tempat yang oke dapat meningkatkan inspirasi dan ide dalam menulis. Salah satu hotel yang menarik perhatian saya adalah Reddoorz at Setiabudi Eight yang terletak di Jalan Setiabudi VIII no. 20, Jakarta Selatan.
 
breakfast room yang kekinian
 
mural-nya gemesin parah!
Konsep minimalis dengan mural yang oke bikin pengalaman staycation berbeda dari biasanya. Dengan lokasi yang strategis, pergi ke berbagai tempat dari Reddoorz Setiabudi menjadi lebih mudah. Apalagi fasilitas yang ditawarkan banyak sekali dibandingkan dengan harganya yang terjangkau, worth banget pokoknya! Selain cocok untuk menjadi tempat bermalam, setiap sudut di hotel ini juga cocok untuk dijadikan latar belakang foto, instagramable banget kan?

14 komentar

  1. Saya juga lebih suka liburan di Jakarta, kalo keluar kota butuh dana besar dan biasanya long weekend pasti macet arah keluar kota...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya.
      Daripada bermacet-macetan di tol Cikampek mending menjelajah Jakarta. Biasanya orang Jakarta asli malah jarang eksplor :D

      Hapus
  2. Duh kangen Jakarta, kangen naik busway, dulu sering banget kalau kemana mana pakai busway

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun ramai, tapi Jakarta emang ngangenin sih ;)

      Hapus
  3. aku seumur2 belom pernah naik mpok siti~~ kapan2 nyoba aaah~

    suika-lovers.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuks kapan-kapan naik mpok siti bareng.
      Seruuuuu soalnya gratis haha

      Hapus
  4. Tempat yang terakhir bikin penasaran, suka terlena sama mural yang gemesin. Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan. Mural gemeshin itu bikin greget gimanaaa gitu :D

      Hapus
  5. Asikk bangeet mbak ya sekarang jakartaa uda ada mpok siti ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ bisaa explore tempat wisata di Jakartaa berartii waaah menariikk bangeet. Terakhir kali ke jakarta belum ada mpok siti jd belum banyak keliling jakartaa cuman monas, TMII ajaa ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaah! Kehadiran mpok siti di Jakarta menambah keramaian ibu kota. Jadi semangat explore Jakarta walau panas melanda :D

      Hapus
  6. Asik banget nih. Betul-betul cara menghabiskan akhir pekan yang asik. Cara seperti diatas tidak begitu menguras kantong ya, Mba. Aku enasaran sama museumnya, suka aja gitu kalau berkunjung ke museum-museum..

    Btw, salam kenal ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap. Ini sih lebih ke 'cara asyik menghabiskan akhir pekan tanpa bikin kantong bolong' hihi.
      Coba aja kalo main ke monas mampir ke museum nasional juga.

      Salam kenal juga :D

      Hapus
  7. Setiap ke jakarta belum pernah nyobain 'Jakarta City Tour'nya, wah kapan-kapan kudu diagendakan ini sepertinya kalo ke Jakarta lagi hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kalo mau naik mpok siti harus diniatin, kak.
      Jangan lupa kalo mampir Jakarta agendakan ya :D

      Hapus

© Hijab Ransel
Maira Gall