Rabu, 26 April 2017

Menjadi Lebih Bugar dengan Olahraga TRX dan Yoga di BeFIT Studio

 Tepatnya satu tahun empat bulan saya tinggal di Jakarta. Selama itu pula bulak-balik Jakarta – Bandung tiap dua minggu sekali menjadi rutinitas favorit di setiap akhir pekan tiba. Have fun banget bisa pulang tiap weekend ke kampung halaman, tapi entah kenapa makin ke sini ‘si badan’ ini makin ringkih dibawanya.
Apa pengaruh umur, ya? Tetot, salah besar wong masih di bawah 25 tahun.
Kurang makan? Gak mungkin banget wong tiap makan porsinya setara nasi padang kalo dibungkus.
Kurang istirahat? Entahlah karena mostly tidur selalu di bawah jam 11 malem.
Kurang kasih sayang? No comment.
Kurang olahraga? YHA, seratus buat kamu!

***

        Kalo dipikir-pikir, semenjak pindah domisili, saya jarang banget workout. Tiap diajakin selalu bilang nggak mau. Pas udah kejadian badan gresak-gresek gini baru deh kerasa pentingnya olahraga. Belum lagi, pendapat orang-orang yang katanya kalo ngeliat Rizka secara kasat mata, ada yang berubah. Bukan, bukan wajah saya yang mengkonversi menjadi Laudya Cynthia Bella, yang berubah di sini adalah bentuk tubuh saya yang (katanya) menjadi sedikit lebih berisi.
“Riz kok gendutan!”
Kzl.

        Merasa badanku dulu tak begini, akhirnya saya, Manda, dan Tia dateng ke BeFIT Studio di Jalan Alu-alu nomor 26, tepatnya di wilayah Rawamangun, Jakarta Timur dengan niat merubah masa depan, masa depan badan sehat tanpa ringkih. Seusai mengganti pakaian dengan yang lebih sporty, saya langsung masuk ke studio dan bertemu pelatih TRX yang kekar itu.
“Sekarang kita ukur berat badan dulu yah”, ujar pelatih TRX sambil menunjuk ke sebuah timbangan ajaib.
DHEG! *Semoga enggak naik drastis* saya berkomat-kamit dalam hati.
Setelah saya menaiki timbangan itu, dia langsung mendeskripsikan arti dari angka yang tercantum seperti angka berat badan, kadar lemak tubuh, kadar air dalam tubuh, massa otot dan postur tubuh,kalori yang dibutuhkan, usia metabolism, massa / kepadatan tulang, dan level lemak.
“rizka, usia metabolisme atau usia sel kamu b
aru menginjak umur 20 tahun”
“Yes! Setidaknya lebih muda dari usia sebenarnya” saya nyeletuk sambil sumringah.


bahagia setelah tau usia sel di dalem tubuh lebih muda (dikit)


     Latihan dimulai. Saya mengikuti satu persatu arahan TRX trainer. Dari penuturan dan gerakannya, terlihat bahwa pelatihnya ini professional banget. Dia menerangkan step by step cara berolahraga menggunakan TRX. Dalam penggunaannya, TRX ini perlu didampingi dengan trainer agar kita nggak salah gerakan. TRX atau Total Body Resistance Exercise TRX merupakan olahraga populer  yang pada praktiknya menggunakan tali temali yang penggunaannya mengandalkan berat badan sendiri sebagai bobot latihan. Ada beberapa manfaat yang dihasilkan dari olahraga TRX ini seperti:
- Efektif membakar kalori dalam tubuh dalam jumlah yang lebih banyak.
- Optimal melatih otot-otot tubuh, seperti bagian perut dan bahu dibanding jenis olahraga yang lain.
- Membuat kekuatan tulang punggung belakang lebih stabil.
- Meningkatkan metabolisme, kekuatan, agility, flexibility, keseimbangan dan daya tahan.
Pokoknya, TRX ini cocok banget biar kita tetep fit dan sehat ;)

semangat latihan TRX demi masa depan yang lebih sehat (y)

Selain dekorasi studionya yang instagramable, mengikuti kelas olahraga TRX di sini ternyata seru banget! Bukan cuma menggunakan tali saja, ada banyak alat olahraga lain yang digunakan trainer untuk membuat suasana olahraga menjadi lebih fun! Dan ternyata, dalam satu kali gerakan TRX dapat menargetkan beberapa bagian tubuh sekaligus, that’s why olahraga ini efektif banget dalam melatih otot tubuh, ibarat peribahasa sekali menyelam dua tiga pulau terlampaui. Contohnya kedua gambar di bawah ini, untuk gerakan TRX Y Raise dapat melatih otot utama shoulder dan supporting core. Sedangkan gerakan TRX power pull fungsinya dapat melatih otot utama punggung, otot pendukung, core, dan biceps. Mantep, kan?


gerakan TRX Y Raise


gerakan TRX power pull


Keringat pun mulai bercucuran seiring dengan habisnya waktu latihan TRX. Sekitar 75 menit berlalu dan badan saya menjadi sedikit lebih kuat, ujar saya dalam hati sambil memperagakan pose binaragawati di hadapan cermin. By the way, saya baru tau kalo kalo olahraga yang baik itu bukan workout yang dilakukan seminggu sekali dengan durasi berjam-jam melainkan olahraga yang dilakukan setiap hari dengan waktu yang tidak terlalu lama, seperti contoh 15 menit per hari. Karena sesuatu yang rutin dilakukan itu lebih berdampak baik dan nyata untuk tubuh kita. Seumpama saya, memiliki fitness goal badan semampai dan gak sakit-sakitan, dengan melakukan morning workout tiap hari dalam beberapa bulan efek baiknya akan terpampang nyata, iya, jika dilakukan setiap hari. *catet Riz!*

       Waktu istirahat pun berlalu, gak tanggung-tanggung setelah latihan TRX kami bertiga langsung melanjutkan olahraga yoga dengan gerakan yang lebih rileks. Kami berpindah ke ruangan bercat putih dengan lantai vinyl kayu. Di dinding pojok ruangan terdapat mural bunga lotus merah muda dengan pucuk berwarna kuning yang menambah ketenangan. Di sisi lain terdapat sebuah sofa abu-abu ditambah meja kayu dan pot bunga dengan daun hijaunya yang rimbun. Berlama-lama diam di ruangan ini membuat saya serasa di ruangan spa, rasanya tenang hingga ke lubuk hati yang terdalam.

Bebas penyakit dengan yoga. Yippie!
          Olahraga yoga di sini dibimbing oleh seorang instruktur yoga yang profesional. Kami bertiga duduk di atas matras yoga warna-warni sambil mengikuti gerakan sang instruktur. Bagi perempuan seperti saya, tentunya yoga sangat bermanfaat bukan hanya bagi tubuh namun baik untuk energi, emosi, dan jiwa. Selain dapat membakar kalori, yoga juga berdampak baik dalam kesehatan. Sang instruktur yoga mengajarkan kami berbagai gerakan yoga Surya Namaskar yakni therapy yoga yang sangat ampuh bagi kesehatan tubuh. Surya namaskar ini berfungsi dalam mencegah terjadinya penyakit dan meluruskan fungsi fisik, aliran energi serta terciptanya keseimbangan mental. Buat kamu yang lagi banyak pikiran deadline entah kerjaan kantor entah skripsi, latihan yoga bisa menurunkan kadar stress kamu, lho! Tapi maaf, buat kamu yang stress karena menjomblo, yoga hanya bisa memberikan energi positif, tapi nggak bisa memberikan pacar :(

Ion positif terkumpul saat yoga
         Meskipun gerakan ini ampuh dalam membasmi penyakit, namun dalam praktiknya tetap perlu didampingi oleh ahlinya agar proses latihan yoga berjalan dengan benar tanpa membuat cidera. Itu kenapa saya lebih memilih olahraga di BeFIT Studio dibanding melakukan sendiri karena pendampingan seorang trainer dalam workout itu penting! hihi.

"Oke, Rizka gerakan kamu oke banget! Aku sih yes, gatau Mas Anang"
 
Couple Yoga aja butuh pasangan, masa kamu enggak?

          Berhasil dibikin tenang dengan berbagai gerakan yoga, kini saatnya mengikuti permintaan perut yang sedari tadi teriak meminta dilemparin makanan saat sedang latihan. Ampuni Rizka, Ya Allah! Bedanya BeFIT Studio dengan tempat lain adalah keberadaan Omah Kumang, yakni kafe lucu yang terletak di bawah studio. Jadi kalo kita lagi mager olahraga, kita juga bisa dateng buat nongkrong di kafenya biar bisa ngemil cantik atau makan rakus sekalian. Iya, di sini menunya lengkap banget sampe saya gabisa nolak godaan sepiring nasi kebuli dengan porsi yang wow tapi tetep abis dalam sekejap tanpa terkecuali.


kebab, nasi kebuli, dan tongseng. Nikmat mana lagi yang kamu dustakan~
         Harga makanan dan minuman di sini terjangkau untuk ukuran mahasiswa, untuk minuman dimulai dari harga 4K-15K, dan untuk makanan dimulai dari harga 5K-40K. Selain itu, rasa makanannya juga enak, bikin kangen masakan si Mama di Bandung. Yang paling juara sih nasi kebulinya, ekstrak kambingnya bikin nagih banget! Selain itu, tempatnya juga cozy banget apalagi dindingnya lucu gitu, banyak mural suasana tempat makan yang tradisional. Gambar warna-warninya sepadan dengan furnitur kursi yang ada. Merah, kuning, hijau, biru, persis seperti lirik salah satu lagu anak Indonesia.

Suasanya kafe Omah Kumang yang full color
       Overall nyobain fitness di BeFIT Studio seru banget, dimulai dari TRX kemudian dilanjutkan yoga. Untuk harga satu kali sesi latihan di sini tergolong murah yakni 140K untuk TRX dan Yoga, dan 120K untuk latihan Karate/Jujutsu. Duh, jadi penasaran ikut karate, deh. Katanya bagus banget buat self defense kita biar gak takut kalo digangguin orang jahat di jalanan! Hiyatttttt~
Selain tempat fitness-nya yang oke dan nggak lupa kafenya yang unik, lokasi Befit Studio juga strategis karena Jalan Alu-alu berada di belakang Arion Mall Jakarta Timur jadi masih bisa terjangkau dari segala Jakarta. Buat kamu yang berniat ke sini, bisa mengikuti peta di bawah ini atau search di ojek online kamu dengan mencantumkan lokasi "Omah Kumang" untuk meluncur langsung ke tempat ini. Jangan lupa follow akun social media-nya di instagram dan twitter@befitstudio_jkt dan facebook Befit Studio Jakarta :)

peta Befit Studio
       
harga dan jadwal latihan Befit Studio

Befit Studio
Jl. Alu-alu no. 26, Rawamangun, Jakarta Timur 
 08111039942 or 0816892857


5 komentar

  1. Gue jadi inget keringet gue ngocor-ngocor pas yoga haha.
    Awalnya ngeliat "ah gitu doang" eh gaktaunya mantep juga yes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.
      Yoga itu gerakannya slow tapi bikin keringetan juga :D

      Hapus
  2. Beneran pas liat fotonya, "Riz! Kok kamu gendutan? Wkwkwkwk."
    Sama saya jugaaa. Sayang banget nggabisa dateng kesana, padahal lumayan bisa ngurangin lemak meski dikit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti gendut beneran walau cuma difoto juga yah *nangis kejer*
      Musti semanget olahraga. Lu juga ya cor biar gak gampang sakit :D

      Hapus
    2. Iyaa bebs, gue sekarang juga lagi gendats nih. Hiks. Hiks. Padahal makan juga udah dikurangin, maybe kebanyakan tidur pake kipas angin kenceng kali ya :(

      Hapus

© Hijab Ransel
Maira Gall