Itinerary Liburan Saat Weekend di Belitung yang Hemat dan Bikin Betah

02.07.00

rizka wulandari belitung
Rizka Terobsesi-Laskar-Pelangi Wulandari
"Terobsesi Laskar Pelangi" is my middle name. Masih ingat ketika saya duduk di bangku SMA dan jatuh cinta dengan setiap kata, paragraf, dan kisah yang tertuang di dalam novel ini. Pikiran saya selalu melambung, ketika saya terhanyut saat membaca dan membayangkan betapa indahnya negeri pelangi ini. Bayangan saya semakin menjadi ketika kisahnya tervisualisasikan menjadi sebuah film yang seru. Pada saat itu, saya selalu berkeinginan untuk bisa mengunjungi Pulau Belitung. Hingga pada akhirnya, saya bisa menginjakkan kaki di negeri impian saya dan berbagai destinasi menarik di sekitarnya. Rasanya senang dan terharu secara bersamaan layaknya seorang fans yang berhasil bertemu dengan idolanya. Hal ini membuat saya ingin berkunjung ke sana (lagi) setelah melihat banyaknya hari libur panjang di Tahun 2018 ini. Maklum, seorang pekerja biasanya butuh sentuhan yang berbeda saat weekend tiba seperti mengunjungi berbagai destinasi cantik di Belitung yang bikin betah dan enggan untuk pulang. Lalu, apa saja destinasi yang dimaksud? Cek itinerary destinasi kekinian Belitung + tips hemat biaya untuk kamu yang kepengen solo traveling ke sana!


Itinerary Kekinian Belitung yang Bikin Betah dan Enggan Untuk Pulang

Hari Pertama

1. Pantai Tanjung Pendam
 Pantai Tanjung Pendam belitong
Memejamkan Mmata di Pantai Tanjung Pendam
Tidak ada yang spesial dari pantai ini, namun saya tetap suka karena sepi. Ini merupakan pantai yang sangat dekat dari pusat kota Belitung. Di sini kita bisa menikmati desir ombak dengan tenang saking sepinya. Ini adalah tipikal pantai dekat kota yang jarang dikunjungi visitor namun tetap cantik.

2. SDN Muhammadiyah Gantong

SDN Muhammadiyah Gantong belitung
Sekolah dengan lapangan yang masih berupa pasir

SDN Muhammadiyah Gantong
Cocok jadi Bu Muslimah, nggak?


Rasanya kepengen nangis sesaat setelah menapakkan kaki di sini. Sekolah bersejarah yang merupakan setting utama dalam Laskar Pelangi. Sekolah ini merupakan replika SDN Muhammadiyah Gantong persis aslinya. As you can see on the picture, desainnya memang super sederhana namun nyatanya telah melahirkan beberapa orang sukses berkat seorang guru yang dengan ikhlas mengajarkan kebaikan dan berbagai pelajaran kepada muridnya. Ya, orang itu bernama Ibu Muslimah :)
 
3. Dermaga Kirana

Dermaga Kirana belitung
Is it a mirror lake?

Dermaga Kirana ini terletak tepat di seberang SDN Muhammadiyah Gantong. Dari sana kita perlu jalan hingga ke jalan raya kemudian melewati lapang dan akan bertemu dengan danau kecil yang sangat indah ini. Danaunya tidak terlalu luas namun sangat cantik karena airnya bisa memantulkan objek di atasnya seperti sebuah cermin. I called it as a mirror lake. Langit cerah bisa tampil di atas danau karena kemampuannya menghasilkan gambar yang sempurna. Belum lagi ornamen seperti keong kayu ini bisa dijadikan sebagai tempat favorit untuk berfoto.

4. Museum Kata Andrea Hirata


Museum Kata Andrea Hirata belitung
Warna-warni layaknya pelangi (di matamu)

Museum ini adalah museum sastra pertama di Indonesia yang didirikan oleh Andrea Hirata sang penulis novel Laskar Pelangi. Alamatnya terletak di Desa Gentong tidak begitu jauh dari lokasi SD Laskar Pelangi. Di dalamnya berisi ratusan literatur dari berbagai genre. Sayangnya pada saat itu saya ke sana sedang ada renovasi sehingga hanya bisa menikmati dari luar saja. Untuk harga tiket masuk ke dalamnya 50.000 rupiah. Namun jika numpang eksis di depannya, kamu tidak perlu merogoh kocek apa pun :)

5. Rumah Ahok
Rumah Ahok Belitung
Numpang nongkrong di rumah Pak Ahok
Masih di daerah Belitung Timur, mengunjungi kediaman Pak Ahok bisa menjadi salah satu alternatif destinasi di Belitung. Rumahnya terdiri dari dua jenis yakni rumah dengan model seperti rumah adat Belitung, sedangkan satunya lagi berkonsep modern seperti di gambar ini. Jujur, ini adalah rumah paling bagus dan megah yang terlihat di Belitung, karena pada umumnya rumah-rumah di Belitung memiliki model yang sama (satu lantai). Kabarnya tempat ini masih ditinggali oleh keluarga Pak Ahok dan jika beruntung kita bisa bertemu dengan salah satu anggotanya. Di sini kita bisa mengelilingi seantero halaman rumah, terdapat peternakan kecil, kebun kecil, dan tidak lupa ada tempat khusus menjual merchandise ala Pak Ahok.


Hari Kedua

1. Pulau Lengkuas


Pulau Lengkuas Belitung
Tempatnya super indah dijamin ogah pulang ke rumah

Pantai indah di Belitung yang memiliki berbagai aktivitas menarik seperti snorkling dan wisata puncak mercusuar. Sebelum mendarat ke Pulau Lengkuas, biasanya para wisatawan melakukan snorkling untuk melihat pemandangan indah ala laut belitung. Percayalah, pengalaman snorkling di sini akan menjadi pengalaman yang indah karena kehidupan di bawah laut Belitung sangat indah. Banyak sekali ikan cantik yang berkeliaran di sini dengan bebasnya.
Selain itu, saat mendarat ke Pulau Lengkuas, kita akan menemukan sebuah mercusuar yang merupakan objek menarik di sini. Untuk mencapai puncaknya, kita perlu menaiki kurang lebih 17 lantai dengan ratusan anak tangga. Jangan pesimis dahulu, karena capek yang kita rasakan akan terbayar dengan pemandangan laut Belitung dari atas mercusuar yang super indah! Benar-benar cantik dan alami dengan pemandangan laut biru yang dihiasi berbagai batuan putih bersih yang hanya bisa kita temukan di laut Belitung. A must activity to do!

2. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang Belitung

Pantai Tanjung Kelayang memiliki pemandangan yang sama cantiknya dengan berbagai Pulau lain di Belitung. Keunikan di sini adalah terdapatnya Gua cantik yang bisa memanjakan para pengunjung. Untuk mencapainya kita perlu sedikit tracking sehingga kita menemukan spot cantik di dalamnya. Airnya jernih, batunya indah, tempat ini sangatlah sempurna untuk dijadikan vitamin sea :)

Hari Ketiga

1. Rumah Adat Belitong
Rumah Adat Belitong


Rumah Adat Belitong


Ini merupakan rumah adat Belitong yang masih asli. Tempat ini dijadikan museum dan di dalamnya terdapat banyak benda bersejarah yang khas. Di sini kita bisa melihat langsung baju adat Belitung beserta setting pernikahan ala masyarakat Belitung. Selain itu banyak juga spot yang menggambarkan suasana asli rumah Belitung seperti dapur dan masih banyak lagi.

 2. Pantai Tanjung Tinggi (Laskar Pelangi)

Pantai Tanjung Tinggi (Laskar Pelangi) Belitung
Berjalan di lorong yang sama dengan Ikal dkk
Pantai ini merupakan ikon pantai Belitung karena merupakan tempat syuting film Laskar Pelangi. Tempat ini merupakan tempat favorit Ikal dan teman-temannya dalam menghabiskan waktu. Mereka berlari di antara batuan sambil tertawa bahagia seperti yang saya lakukan. Tempat yang biasa disebut Pantai Laskar Pelangi ini memiliki hamparan pasir putih, batuan granit, serta air laut biru yang tenang yang menyejukkan mata, hati, dan pikiran siapa pun yang bertandang ke sini.

3. Danau Kaolin


Hijab Ransel Danau Kaolin


Tempat ini merupakan danau yang memiliki air yang berwarna biru muda menyala dengan warna daratan yang putih. Jika kamu pernah ke Kawah Putih Bandung, sekilas mirip namun Danau Kaolin lebih luas, tidak berudara dingin karena bukan terletak di pegunungan, dan yang terpenting tidak bau belerang karena bukan merupakan kawah pegunungan. Danau ini terbentuk dari bekas tempat pertambangan Kaolin yang telah ditinggalkan dan kini menjadi tempat yang indah. 

Merencanakan Perjalanan Solo Traveling ke Belitung dengan Hemat

"Belitung worth buat didatengin nggak sih?"
"Super recommended destination! Kalo punya budget liburan yang nggak terlalu gede plus jatah liburan nggak ada, bisa banget manfaatin long weekend ke sini!"
"Kak gimana sih caranya bisa liburan murah?"
"Kerja. Nabung. Cari promo. (Mencakup semua destinasi)"

Karena saya tipe pekerja dengan waktu cuti yang tidak banyak, pergi saat libur panjang tentunya menjadi pilihan yang tepat agar hasrat liburan kita bisa terpenuhi. Belitung ini merupakan destinasi yang tepat karena letaknya yang tidak terlalu jauh, suasananya yang tenang (tidak ramai seperti di Bali), dan harganya yang ramah di kantong sehingga menjadikan salah satu destinasi favorit bagi saya.
Jika biasanya pergi liburan saat weekend apalagi long weekend bikin kita sedikit mengelus dada, kini perkara jalan-jalan saat liburan panjang bukan perkara lagi semenjak adanya promo paket (Hotel+Flight) dari aplikasi traveling favorit saya yakni Traveloka yang bisa hemat up to 20% tanpa kode promo apa pun (thank God)!
Berikut cara memesan Paket Flight + Hotel dengan satu sentuhan di smartphone kamu. So simple!


1. Pertama buka aplikasi Traveloka di smartphone. Agar mendapatkan harga lebih miring kita harus pesan pesawat sekaligus hotel dengan klik ikon berwarna ungu (Pesawat + Hotel).
2. Tulis tujuan dan pilih tanggal pulang pergi. Cantumkan jumlah penumpang dan jalan lupa pilih kelas ekonomi agar hemat namun tetap nyaman. Di sini sayang memesan perjalanan untuk long weekend pada bulan Maret 2018 yang jatuh pada hari Jum'at - Minggu.
3. Arahkan tampilan ke bawah sehingga menemukan pesanan untuk hotel seperti gambar paling kanan. Setelah mengisi dengan penuh lalu kita klik "Cari Paket."

4. Untuk memperoleh harga hemat kita harus klik fitur "Urutkan Harga Terendah" setelah itu akan ditampilkan berbagai pilihan hotel beserta penerbangan plus saving budget karena kita telah memilih paket Pesawat + Hotel.
5. Saya memilih Penginapan Bukit Samak di daerah Manggar. Terlihat bahwa harga yang tercantum sebesar Rp1.768.551,- yang termasuk rendah untuk tiket pesawat long weekend + biaya hotel selama 2 malam dengan waktu pemesanan H-1 bulan. Setelah saya coba, harga ini merupakan harga termurah daripada kita pesan secara terpisah! Nah, setelah mantap maka kita bisa klik "Pilih".
6. Ternyata promo itu benar adanya, saya berhasil mendapat potongan karena memesan pesawat + hotel sekaligus dan bisa menghemat sebesar Rp119.706 yang bisa kita gunakan untuk hal lain. Yang paling saya senang adalah harga ini merupakan harga final yang harus dibayar yakni sudah termasuk pajak sehingga kita sebagai pelanggan tidak terjebak dengan harga yang berubah-ubah melakukan checkout pesanan. Cuman di aplikasi Traveloka kita bisa mendapatkan potongan tanpa memasukkan kode promo, buat lebih jelasnya bisa langsung cek di sini.

 

7. Bagai durian runtuh! Ternyata saat saya membuka kolom promotion di aplikasi Traveloka terdapat kode promo tambahan khusus untuk pemesanan Pesawat + Hotel yakni tambahan diskon sebesar 8% dengan memasukkan kode "ROMANTRIP500K"! Setelah berhasil memperoleh harga hemat karena pesan Pesawat + Hotel bersamaan, ditambah kode promo ini bikin harga paketnya jadi lebih murah! Teknik simpel ini baru saya coba dan kayaknya bakal ketagihan lagi dan lagi untuk trip selanjutnya karena setelah checkout harganya jadi super murah daripada pesan secara terpisah. Buat kamu yang merencanakan perjalanan ke manapun khususnya ke Belitung, jangan lupa ikuti langkah di atas biar budget liburan kamu lebih hemat. Be a smart traveler! ;)

You Might Also Like

2 komentar

  1. Dr dulu saya pgn bgt nih solo backpacker ke sini.

    Itin nya saya contek y mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iyah boleh banget!
      Selamat jalan-jalan ke Belitong :)

      Hapus

INSTAGRAM FEED