6 Alasan Ngabuburit di Alun-alun Bandung Bisa Bikin Bahagia

21.26.00

Hantu di alun-alun Bandung

“Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi – Pidi Baiq.” Indeed. Membaca kalimat tersebut di dinding Jalan Asia Afrika membuat saya tersenyum dalam hati. Bahagia sekali bisa merasakan moment awal puasa di kota tercinta yang penuh akan kebahagiaan, yakni Kota Bandung. Selain karena merupakan kota kelahiran saya, pun beberapa tempat mengingatkan saya ke dalam berbagai memori indah.

Adalah Alun-alun Bandung, biasa disebut dengan jantung kota, tempat ini merupakan pusat segala aktivitas yang ada di Bandung. Dulu, alun-alun ini merupakan pusat pemerintahan Kota Bandung sekaligus pusat tempat pembelanjaan masyarakat Bandung. Namun setelah diadakannya peringatan Konferensi Asia Afrika ke-60 di Bandung pada tahun 2015, pemerintah pusat Kota Bandung menyulap dan merenovasi berbagai tempat yang ada di sekitaran Alun-alun Bandung sehingga hasil pembangunannya kini dijadikan sebagai tujuan pariwisata dan menarik minat para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Seperti halnya Jalan Malioboro di Yogyakarta, Alun-alun Bandung yang terletak di Jalan Asia Afrika Bandung ini dipadati banyak pengunjung setiap harinya. Berikut beberapa alasan mengapa Alun-alun Bandung merupakan tempat ngabuburit yang akan membuat kamu menjadi lebih bahagia: 


1. Kaya akan spot instagramable 

Information board at alun-alun Bandung
memantau information board yang juga menjadi tempat foto bagi banyak orang

alun-alun Bandung
ramai tapi cakep. cakep tapi ramai

Jika kamu menginjakkan kaki di Asia Afrika Bandung, dipastikan bahwa kamu akan bahagia karena banyak sekali spot instagramable di sini. Sepanjang trotoar di sini dihiasi dengan lampu hias ala modern classic, hiasan batu bulat besar yang tersebar di sepanjang jalan dengan bertuliskan nama-nama negara yang ikut dalam konferensi Asia Afrika, serta kursi taman ala jaman Belanda yang menciptakan kesan romantis saat kita mencoba mendudukinya. 

2. Setiap bangunan yang ada memiliki nilai sejarah
 
Gedung Merdeka Bandung
Gedung Merdeka
Di sepanjang Jalan Asia Afrika terdapat banyak sekali bangunan sejarah tanah pasundan yang telah berdiri sejak lama. Namun ada beberapa bangunan yang populer yakni Museum Konferensi Asia Afrika yang merupakan tempat memorabilia Konferensi Asia Afrika yakni berbagai informasi terkait konferensi Asia Afrika pada zaman dahulu ditampilkan di museum ini. Selanjutnya adalah Gedung Merdeka yakni gedung bersejarah yang pernah digunakan sebagai tempat Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika tahun 1955. Adapula Bangunan bebrapa Bank yang telah dibuat dimasa kolonial Belanda dan tidak banyak mengalami perubahan serta masih berdiri kokoh hingga kini. Kemudian ada Kantor Pos Besar Indonesia yang telah beroperasi sejak zaman dahulu hingga sekarang. Bukan Cuma itu, masih banyak lagi bangunan bersejarah di sana dengan arsitektur yang masih alami tidak banyak perbaharuan demi mempertahankan nilai sejarahnya.

3. Terdapat Masjid Raya Provinsi Jawa Barat sebagai titik utama dari Alun-alun Bandung
Masjid Raya Bandung
Pelataran Masjid Raya Bandung yang ramai
Jika mendengar kata Alun-alun bisa dipastikan bahwa itu pusat kota yang identik dengan sebidang tanah yang luas serta di sekelilingnya terdapat bangunan-bangunan fungsional. Untuk Alun-alun Bandung, yang menjadi center of attention adalah Masjid Agung Raya Bandung. Dulunya tempat ini merupakan masjid dengan halaman yang luas namun sekarang oleh pemerintah pusat Kota Bandung telah direnovasi menjadi tempat yang paling diminati oleh wisatawan berkeluarga. Di sana terdapat masjid agung yang megah dengan kedua tower yang bisa pengunjung nikmati hingga lantai paling atas. Di depannya terdapat taman luas yang dibalut dengan rumput sintetis hijau seluas 1200 meter persegi yang kini sering dijadikan tempat nongkrong atau tempat ngabuburit paling favorit bagi wisatawan yang membawa anak-anak. Selain itu, Alun-alun ini memiliki fasilitas seperti arena bermain anak, perpustakaan, dan juga tersedia jaringan WiFi. Di sebelah utara alun-alun, terdapat sebuah halte bus yang modern layaknya di luar negeri.

4.  Ada banyak super hero maupun tokoh unik untuk teman berfoto
super hero di alun-alun bandung
Tokoh film Hollywood berkumpul di Alun-alun Bandung
tenpat wisata alun-alun bandung
anak 90'an pasti tau dia siapa. Inisialnya "G"
Ingin berfoto dengan transformer, captain america, atau hantu berkepala tiga? Semua bisa kamu dapatkan di sini. Berbagai tokoh unik tersebut tersebar di sepanjang ruas Jalan Asia Afrika yang bisa kita abadikan untuk bekal upload di sosial media. Ada banyak tokoh menarik seperti genk hantu dari Indonesia, kelompok super hero ala marvel, maupun tokoh kartun yang sering kita jumpai di televisi. Jangan lupa sisihkan sedikit uang untuk kita masukkan ke dalam kotak uang setelah berfoto dengan mereka, ya!

5.  Terdapat tugu bola dunia layaknya icon modern di tempat wisata manca negara

alun-alun bandung tempat wisata di Bandung
romantis, 'kan?
Tidak usah jauh-jauh pergi ke Universal Studio untuk berfoto di bola dunia, cukup datang ke Alun-alun Bandung kita sudah bisa mengabadikan moment dengan tugu bolah dunia yang fenomenal! Tepat berada di depan pertigaan Alun-alun Bandung, Tugu itu dibangun untuk meramaikan peringatan ke-60 KAA di Bandung pada April 2015 silam. Berbentuk bola dunia, monumen ini terbuat dari tembaga dengan warna natural dengan lampu sorot di bawahnya, untuk lantainya terbuat dari granit sehingga keseluruhan monumen terlihat sangat mewah dan modern layaknya icon di berbagai tempat wisata luar negeri. 

6. Dekat dengan pusat pembelanjaan dan pusat wisata kuliner untuk berbuka puasa
bade meser sabarahaeun, neng akang?
Berdirinya tempat wisata pasti dibarengi dengan wisata kuliner di dekatnya. Di dekat Alun-alun Bandung banyak sekali para pedagang yang berjualan dari mulai cemilan untuk berbuka puasa hingga makanan berat di dalam tenda. Selain itu, jika berkunjung ke Bandung dengan tujuan untuk hunting baju lebaran, datang ke pusat kota merupakan pilihan yang tepat. Cukup berjalan sekitar 800 meter dari Alun-alun Bandung kita bisa menemukan pusat pembelanjaan masyarakat Bandung dengan harga yang miring namun kualitas yang baik di Jalan Dalem Kaum yakni bersebelahan dengan Alun-alun Bandung. Di sana terdapat beberapa department store, ada juga tempat berkumpul para pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam barang yang menyita perhatian para pengunjung. 

Selain enam hal di atas, masih banyak hal menarik lainnya yang akan kita dapatkan jika menghabiskan waktu untuk ngabuburit di Bandung. Bisa dipastikan bahwa kita akan tambah happy selain karena bertemu dengan akang teteh yang ganteng dan cantik, pun kita akan memiliki banyak stok foto untuk di upload ke sosial media. Jika pada sore hari tempat ini memiliki banyak aktivitas unik untuk di eksplor, maka jika langit sudah gelap Alun-alun Bandung akan berubah menjadi tempat yang cantik dan romantis karena efek cahaya lampu hias yang menyoroti tiap partikel khas modern classic di sepanjang jalan. Penasaran, nggak? Yuk urang ngabuburit di Alun-alun Bandung! :)

You Might Also Like

1 komentar

  1. Bandung teyuuuus, Bandung lagiii.. Mau ke sana lagi.. Heuheu..

    BalasHapus

INSTAGRAM FEED