11 Hal Seru dan Gratis yang Bisa Dilakukan di Taman Balaikota Bandung

Juli 15, 2018

taman gratis bandung taman balaikota bandung
"Kalo ke Bandung, tempat apa yang seru tapi murah biar hemat di kantong?"
"Ke Taman Balaikota aja! Banyak yang oke-oke. Gratis!"


Jika mendengar kata Balaikota, apa yang terlintas di pikiran kamu? Yap, pusat pemerintahan di suatu daerah. Lain dari biasanya, di Kota Bandung Gedung Balaikota ini bukan hanya dipakai sebagai pusat pemerintahan namun juga digunakan sebagai tempat wisata yang halamannya bisa diakses warga kapan pun. Tempat ini memiliki halaman yang luas sehingga kini telah disulap menjadi taman multi fungsi yang bisa dinikmati oleh seluruh warga maupun wisatawan yang tengah berlibur ke Bandung dengan gratis!
Taman yang biasa disebut "Balkot" ini cocok dikunjungi bersama keluarga, gebetan, atau pacar karena memang lokasinya seru, adem, sekaligus romantis. Saya dan keluarga cukup sering datang ke sini pada hari Minggu pagi sekalian mencari angin segar Bandung sambil membawa segerombolan keponakan agar mereka tidak gaduh di rumah bisa berenang sepuasnya tanpa dipungut biaya. Bukan cuma itu ada banyak aktivitas seru lainnya yang bisa kita coba! Berikut 11 kegiatan seru dan gratis yang bisa kamu coba di Taman Balaikota Bandung. Wajib baca sampai tuntas biar kamu nggak ketinggalan pas dateng ke sana hihi.

1. Menikmati kebun bunga ala Keukenhof Belanda

 

taman balaikota bandung
cukup dipandang jangan dipegang :)
Ingin menikmati taman bunga yang tertata rapi seperti di Belanda? Cukup datang ke Taman Balaikota Bandung kamu akan menemukan kebun bunga dengan warna yang indah. Istirahatkan sejenak mata dan pikiran kita dari hiruk pikuk kota dengan melihat aneka bunga di sini.

2. Berenang gratis di kolam yang luas

kolam renang gratis bandung
renang gratis di kolam dalam
kolam renang gratis bandung
berenang sepuasnya di kolam luar
Jika kamu memiliki ponakan atau anak kecil dengan jumlah banyak yang selalu merengek untuk berenang tiap hari, Taman Balaikota Bandung bisa dijadikan solusi yang tepat. Kolam yang semula untuk hiasan atau dekorasi kini telah beralih fungsi menjadi kolam renang umum untuk anak yang bisa diakses kapan saja. Selain bisa meningkatkan index kebahagiaan, kolam ini juga bisa membantu para orang tua dalam meredam tangisan anak-anaknya. Penasaran mencoba?

3. Melihat aneka satwa layaknya kebun binatang

 
kebun binatang gratis bandung
dari kelinci hingga unggas, mana favoritmu?
Jika biasanya kita pergi ke tempat wisata untuk melihat aneka satwa dengan tiket masuk, di Taman Balaikota kamu bisa menemukan beberapa hewan cantik tanpa perlu merogoh kocek. Di sini terdapat beberapa kandang khusus yang di dalamnya terdapat beberapa hewan seperti kelinci, ayam, dan aneka jenis burung yang bertengger di dalam sangkar yang besar. 


4. Membaca buku gratis di booth Dispusip Bandung


perpustakaan keliling
agar generasi milenials tetap gemar membaca


Jika yang kecil sibuk berenang, para remaja maupun orang tua bisa membaca di booth Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bandung. Di sini tersedia berbagai jenis buku yang bisa dibaca dengan gratis. Langkah ini bisa menjadi solusi agar meningkatkan minat membaca generasi jaman now dibandingkan dengan menggandrungi layar smartphone.


5. Curhat tanpa risau di Kekasih Juara Bandung

kekasih juara bandung
Mama, curhat dong! :")
Jika kamu membutuhkan seseorang yang bisa mendengarkan masalah sekaligus memberikan solusi yang baik, coba datang ke booth Kekasi Juara di Taman Balaikota Bandung. Sebelum mencurahkan isi hati, pengunjung perlu registrasi terlebih dahulu kemudian pihak panitia yang menentukan booth mana yang cocok dengan masalah kita. Nilai positifnya, di sini juga tersedia ustad yang bisa memberikan nasihat berupa ayat-ayat suci yang bisa kita baca untuk membantu menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi.

6. Bermain dan tersesat sejenak di labirin

taman balaikota bandung

Labirin  ini merupakan spot foto favorit para pengunjung yang datang ke Taman Balaikota. Selain mengabadikan momen, di sini juga cocok dijadikan tempat untuk mencari gebetan yang menyublim di tengah labirin. 

7. Rebutan ayunan di arena bermain

taman balaikota bandung


Arena ini bisa dijadikan wilayah favorit kedua setelah kolam renang bagi anak-anak. Karena jumlah permainan yang terbatas, tidak jarang pemandangan rebutan ayunan pun menjadi aktivitas menarik untuk dinikmati orang dewasa. Jangan lupa melerai atau mengajak ke arena seru lainnya agar si kecil tetap senang ya...

8. Fitness ala-ala di arena olahraga

taman balaikota bandung

 
Berbeda dengan arena bermain, jumlahalat olahraga di Taman Balikota ini cukup banyak. Ada berbagai alat yang bisa kita coba untuk menyegarkan badan. Tidak perlu datang ke tempat fitness dengan biaya langganan perbulan yang mahal, cukup mengunjungi tempat ini kamu sudah bisa mencoba alat olahraga sepuasnya.

9. Sewa sepeda demi gowes di Bandung

penyewaan sepeda bandung


Jika berjalan sedikit dari Taman Balaikota ke arah Taman Vanda (yang letaknya bersebelahan), kamu akan menemukan tempat penyewaan sepeda yang dinamakan Bike On The Street Everybody Happy (Boseh). Pengunjung perlu memiliki kartu khusus yang sebelumnya didaftarkan di shelter khusus untuk bisa digunakan di box biru ini. 

10. Menikmati internet gratis agar kuota tetap terjaga

taman balaikota bandung


Jika kamu merupakan generasi sayang kuota, carilah spot khusus internet gratis di Taman Balaikota Bandung. Dengan beberapa tahap, kamu bisa menyelematkan kuota smartphone dan bersiap untuk berselancar sepuasnya di dunia maya. Enak bukan?

11. Mengikat janji suci dengan gembok cinta

taman balaikota bandung gembok cinta bandung

Mengikat kesucian cinta dengan gembok bukan hanya hadir di Korea tetapi juga di Bandung. Di sini ada tempat berbentuk Love atas papan cinta yang bisa kamu gantungkan gembok demi mengikat hubungan kalian bersama pasangan agar awet. Jika gembok di papan Love sudah penuh, kamu bisa mencapkannya di pagar kawat bagian luar Taman Balaikota yang masih banyak space. 
 
Meskipun di Bandung banyak sekali taman tematik dengan tema yang menarik dan unik, Taman Balikota merupakan tempat favorit dengan berjuta aktivitas yang wajib untuk dikunjungi jika ke Bandung. Tidak perlu khawatir budget membengkak karena di Bandung banyak sekali area publik yang bisa diakses tanpa biaya. Jadi, kapan atuh ke Bandung akang teteh? :)

You Might Also Like

2 komentar

INSTAGRAM FEED