Pengalaman Menginap Murah dan Oke di Thailand

Juli 19, 2018

berpose di Ploen Pattaya Residence.

Tergiur dengan kata serba murah, di akhir bulan Januari 2018 kemarin saya pergi ke Thailand bersama sahabat sedari smp, Widya. Kami pergi ke Thailand ala backpacker yakni tanpa tour and travel hanya bermodal niat dan kekuatan persahabatan. Sebagai sosok well prepared, kami telah mempersiapkan semuanya dari Indonesia seperti tiket atraksi saat di Thailand serta urusan booking hotel. Karena fungsi hotel saat jalan-jalan hanya dipergunakan untuk istirahat, maka kami memutuskan untuk menginap di hotel murah hanya 200ribu-an permalam tapi suprisingly kamarnya nyaman, bagus, dan worth it dengan harga yang dibayarkan! Karena melihat harganya yang terjangkau, jiwa dermawan sahabat saya pun muncul, akhirnya doi menawarkan untuk membayar semua penginapan kami, seketika saya berkata alhamdulillah dalam hati wkwk.
By the way, inilah tiga hotel yang telah kami coba dan bisa dijadikan referensi kamu saat ke Thailand nanti :)

1. 48 Ville Don Muang Airport Hotel

48 Ville Don Muang Airport Hotel tarif Rp238.157,- permalam
ruang tunggu resepsionis yang nyaman dan colorful
Karena flight kami dari Indonesia jam 16.40 dan sampai Don Muang Airport pukul 20.15, sebelum menjelajah negara Thailand kami memutuskan untuk menginap di hotel dekat bandara. Dari bandara kami order uber dengan harga 110 bath (kurs 1 bath 422 rupiah). Hotelnya tidak terletak di jalan besar utama yakni kita perlu berbelok sedikit ke jalan kecil namun tetap ramai. Hotel ini termasuk ke dalam hotel kecil namun kamar yang ditawarkan sangat nyaman dengan rate Rp238.157 per malam (tanpa sarapan). Meskipun luasnya tidak terlalu besar, tetapi dekorasi yang ditawarkan modern dengan ornamen kayu yang cantik. Untuk kasur kami memilih king size, fasilitas yang tersedia yakni tv, wifi, ac, kulkas, hair dryer, telepon, dan perlengkapan mandi. Dari kamar terdapat balkon kecil yang bisa dipergunakan untuk melihat suasana rumah warga Thailand pada malam dan pagi hari yang ternyata tidak ada bedanya dengan kondisi di sini.

2. Ploen Pattaya Residence

Ploen Pattaya Residence tarif Rp197.129,- permalam
resepsionis dan lounge penginapan yang bersih

Hari selanjutnya kami bertandang ke Pattaya, daerah pusat pariwisata dekat dengan pantai yang biasa disebut "Bali ala Thailand". Daerah Pattaya ini banyak dikunjungi turis mancanegara termasuk kami berdua. Kami menginap di Ploen Pattaya Residence yang merupakan apartemen namun memiliki penginapan yang bisa disewa per hari. Lokasinya terletak di jalanan kecil namun driver grab cukup kenal karena banyak turis yang menginap di sini. Harga satu malam sangat murah yakni Rp197.129,- (tanpa sarapan) dengan fasilitas yang oke yakni kasur king size, ac, tv flat, kulkas, microwave, balkon ber-wastafel, wifi di ruangan resepsionis, serta tv dengan chanel Thailand tentunya. Meskipun bangunan apartemen terlihat sangat modern, namun perabotan di kamar bergaya lama sehingga terkesan seperti rumah tua. Ditambah lagi lebar kamar yang sangat luas, membuat penglihatan saya menjadi ke mana-mana. Maklum, terlalu sering menonton film horror Thailand membuat saya mudah berimajinasi hehehe.

3. Sena Place Hotel

Sena Place Hotel tarif Rp206.852,- permalam
tuk-tuk sebagai fasilitas gratis untuk mengantar tamu

Sena Place Hotel ini berada di daerah Chatuchak Weekend Market yang sangat terkenal. Sebenarnya daerah ini terletak agak jauh dari pusat kota Bangkok namun kami memiliki pertimbangan agar dekat dengan pasar Chatuchak dan tidak terlalu jauh menuju Bandara Don Mueang saat pulang nanti. Jika kamu berniat untuk menginap di daerah ramai pusat pariwisata, di sini bukanlah tempatnya. Hotelnya terletak di daerah komplek yakni bukan di jalan besar utama namun hotel ini cukup dikenal oleh para driver grab dan tuk tuk. Bangunannya termasuk ke dalam hotel besar dengan lobi yang mewah dibandingkan hotel sebelumnya. Harga permalam menginap di sini Rp206.852,- (tanpa sarapan) dengan suasana kamar ala rumahan. Fasilitas yang diberikan yakni twin bed, tv tabung, wifi, kulkas, kursi untuk bersantai, telepon, perlengkapan mandi yang lengkap, serta kamar mandi dengan bathub. Perabotan yang ada bergaya lama dengan lebar kamar yang tidak terlalu luas. Overall oke banget, petugas resepsionis yang ada juga rapi dan sangat membantu kami dalam mencarikan taxi menuju ke bandara.