Papoea by Nature, Restoran Masakan Papua di Jakarta yang Asik untuk Nongkrong

Agustus 17, 2018

papoea by nature jakarta

Jika kamu bertanya apa yang saya pakai sebagai outer di atas, perkenalkan benda itu bernama Noken, yakni tas tradisional yang terbuat dari serat kulit kayu dan warnanya dari buah asli. Keren kan? Yang lebih cool agi cerita di baliknya, yakni noken ini merupakan simbol kandungan dari seorang ibu yang dibuat oleh para wanita pegunungan atau pedalaman di Papua untuk menyimpan bayi untuk para ibu yang hendak membawa bayinya ketika berkebun. Amazing! :")
Yap, benda khas wilayah timur Indonesia tersebut saya dapatkan di sebuah restoran cozy yang berisi menu masakan Papua yakni di Papoea by Nature yang terletak di Jl. Pakubuwono VI No.77, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan. Restoran dua lantai ini mengusung tema segala jenis kuliner asal Papua yang mana 60% bahan bakunya dikirim langsung dari tanah Papua.
papoea by nature jakarta
suasana tradisional modern ala Papoea by Nature
papoea by nature jakarta

Meskipun restoran ini bertema tradisional, namun interiornya sangat modern. Saat pertama kali masuk pengunjung langsung dihadapkan dengan bar&kitchen counter dengan hiasan asa timur. Furniture yang ada sebagian besar terbuat dari kayu serta ornamen yang ada merupakan khas Papua seperti artefak dan benda-benda otentik lainnya sehingga menciptakan suasana yang back to nature in a modern way. Tipe restoran yang nyaman untuk dipakai nongkrong seharian.

masakan papua papeda
Papeda ala Papoea by Nature

Semua makanan yang tersedia merupakan makanan khas Papua yang diramu dengan sentuhan modern dengan plating yang cantik. Bahan bakunya berasal dari Papua langsung sehingga cita rasa asli wilayah timur amat sangat melekat pada setiap makanannya. Papua memang kaya akan alamnya dimulai dari wilayah laut dengan ikannya yang khas serta wilayah pegunungan yang kaya akan rempahnya. Seperti halnya buah merah, di Papoea by Nature buah ini diolah ke dalam berbagai jenis makanan yang pastinya sangat sehat karena mengandung banyak khasiat.

Dari berbagai menu yang ada, berikut menu appertizer, main course, dan dessert yang menjadi favorit saya.


papoea by nature menu
doghnut buah merah (45k)

First impression mencoba buah merah yang ada pada doghnut ini rasanya sangat unik dan khas sekali. Manisnya pas dan aromanya sangat khas. Perlu diingat bahwa buah merah ini bukan sembarang buah melainkan memiliki sejuta khasiat yang bagus untuk tubuh. Untuk yang penasaran dengan rasa buah merah, you have to try this one!
papoea by nature menu
fried canary banana with sea salt caramel sauce (48k)
Pisang goreng lembut dengan saus karamel yang manis ini bisa menjadi light bites yang cocok untuk menemani bincang-bincang saat nongkrong di sini.

papoea by nature menu
Grilled fish in banana leaf (169k)
Grilled fish in banana eaf ini merupakan menu yang mengenyangkan. Ikan Baramudi ini merupakan ikan laut segar yang diberi olahan kunyit dan daun basil. Bumbunya sangat meresap dan gurih. Nasi merah dan sambal hijau merupakan pelengkap yang pas pada menu ini.
papoea by nature menu
papeda and yellow fish soup (89k)
Fallin in love with Papeda. Teksturnya kenyal yang mana terbuat dari tepung sagu khusus, sup kuning ikan yang dijadikan kuah ke dalamnya membuat rasa Papeda sangat lezat. Bumbunya kaya akan rempah sehingga rasa yang disajikan sangat gurih. Very recommended!

papoea by nature menu
caramelised coconut lime sagoo (55k)
Caramelised coconut lime sagoo ini bisa dijadikan makanan penutup yang oke. Menu ini merupakan olahan sagu dengan kelapa dan krim karamel yang kemudian dikukus yang kemudian disajikan dengan daun lemon yang menawan. Rasa manisnya pas dan enak.
Untuk beverage harganya mulai dari 25k - 65k dengan pilihan yang beragam tentunya. Untuk kamu yang muslim, jangan khawatir bingung mencari tempat ibadah karena di lantai dua terdapat mushola lengkap dengan tempat wudhunya. Overall, restoran ini patut dicoba untuk menghilangkan rasa penasaran kamu terhadap masakan wilayah timur Indonesia khususnya Papua.

Papoea by Nature
Open : Tuesday - Sunday from 9am - 9pm

 Jl. Pakubuwono VI No.77, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

You Might Also Like

3 komentar

  1. Wah dapet pinjeman kostum mbak penarinya ya

    BalasHapus
  2. Wah keren kaka tempatnya. Ulasannya juga menarik. Jd pengen kesana juga icip icip

    BalasHapus

INSTAGRAM FEED