Membakar Banyak Kalori dalam 20 Menit di 20FIT

September 14, 2018

latihan EMS 20fit

Jika kamu melihat foto di atas dan menyangka bahwa saya memiliki muka kinclong, kamu kurang tepat. Itu bukan glowing, melainkan keringat hasil dari latihan selama 20 menit di 20FIT.

Sudah sejak lama saya sangat penasaran dengan olahraga yang satu ini dikarenakan maraknya influencer yang mengulas tentang keajaiban olahraga ini. Mengapa 'ajaib'? Karena baru di 20FIT para pengunjung berolahraga menggunakan pakaian khusus yang penuh dengan kabel dengan waktu 20 menit namun efektivitasnya setara dengan olahraga konvensional selama 2-3 jam! Gimana cara kerjanya? Penasaran kan?

20fit sunter jakarta
20FIT Sunter, Jakarta Utara

Akhir-akhir ini saya mulai aware dengan kesehatan. Berbagai jenis olahraga saya jalani sampai akhirnya mencoba olahraga yang baru dan unik bagi yaitu EMS-training atau Electro Muscle Stimulation b`. Maka datanglah saya ke 20FIT Sunter yang mana hanya berjarak 15 menit dari tempat tinggal saya di daerah perbatasan Jakarta Pusat-Utara. Sesampainya di sana saya bertemu resepsionis yang tak hanya memberikan penjelasan tetapi juga memberikan seperangkat training stuffs yang berisi sepasang miha bodytec (baju hitam atas bawah), handuk kecil, dan handuk besar. "Ini kak. Karena nanti bakal keringetan," katanya.

Saya mulai berjalan ke area dalam untuk mengganti pakaian. Di sana ada ruang ganti yang bersih dan nyaman lengkap dengan loker untuk penyimpanan barang. Ada sedikit catatan untuk yang berhijab, harap membawa legging panjang dan memakai sport bra/bra tanpa kawat.

apa itu EMS 20fit
lounge 20FIT Sunter

20FIT Sunter terdiri dari tiga lantai yang mana lantai kedua digunakan khusus untuk EMS-training dan lantai tiga untuk muaythai. Di lantai dua ini terdapat lounge yang rapi dan cozy sehingga jika kamu membawa teman dia tidak akan merasa bosan saat menunggu.

apa itu EMS 20fit
EMS-training room in 20FIT Sunter
Seorang trainer memanggil saya untuk masuk tandanya latihan akan dimulai. Ruangan yang ada cukup luas. Di sisi kanan kirinya terbentang cermin, di salah satu sudutnya terdapat perlengkapan seperti miha bodytech vest dll, di sudut lainnya terdapat gym ball kettler dan perlengkapan terkait, dan tidak jauh dari sana terdapat dua mesin yang digunakan untuk EMS-training atau yang biasa disebut Miha Bodytec Machine. Btw, 20FIT ini merupakan tempat gym pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi ini, lho!

Saya kemudian memakai EMS vest tebal yang dirancang khusus dan terdapat beberapa kabel yang harus dihubungkan dengan perangkat yang ada di bagian tangan serta bagian paha. Selanjutnya FIT associate  atau trainer menghubungkan perangkat yang ada di mesin EMS ke vest saya. Dalam satu kali sesi latihan maksimal untuk 2 orang sesuai dengan jumlah alat yang tersedia.

pengalaman gym di 20fit
trainer mengendalikan mesin yang terhubung dengan pakaian kita
Pada pertemuan pertama, kita diberikan waktu sekitar 17 menit saja yang meliputi 12 menit latihan serta 5 menit cool down. Untuk pertemuan selanjutnya waktu latihan full yakni 25 menit yang terdiri dari 20 menit latihan, dan 5 menit cool down. Sistem kerjanya, setelah alat terpasang dengan baik, kita diminta mengikuti seluruh gerakan sesuai yang  tertera di gambar. Sembari berpose layaknya di gambar, aliran listrik mengalir ke seluruh otot tubuh kita. Tiap gerakan berdurasi 12 detik kemudian ganti gerakan. Trainer bertugas memberikan pengarahan, mengatur dan mengendalikan alat, hingga memperbaiki gerakan tubuh kita agar latihan lebih efektif. Bahasa simple-nya badan kita melakukan gerakan sambil disetrum. Seru! Hihi

pengalaman latihan EMS di 20fit
gerakan di layar berganti pose tiap 12detik
pengalaman latihan EMS di 20fit
kita wajib mengikuti gerakan yang ada di mesin

Gerakan demi gerakan saya ikuti. Semakin benar gerakan kita, semakin kencang juga aliran listrik yang dirasakan, maka semakin besar kalori yang terbakar. Trainer-nya bilang jika aliran listrik semakin kencang, bahwa tubuh kita harus melawan jangan lemas. Saking serunya, tidak terasa waktu latihan akan cepat berlalu. Tanpa disadari keringat sudah mengguyur bagian wajah dan badan kita. 

pengalaman latihan di 20fit
*sedang berpose melawan aliran listrik*

Pada latihan EMS ini,  otot yang ada di dalam tubuh kita didukung oleh mesin EMS secara kompak berkerja sama dan meningkatkan intensitas kontraksi otot yang secara langsung membuat kita mampu mencapai 90% atau lebih dari potensi yang kita miliki dalam berlatihan.
Mengapa latihan dilakukan hanya 15 menit? Menurut website 20FIT, 15 menit latihan menggunakan EMS akan membuat 38,250 potongan kontraksi pada setiap kelompok otot bekerja. Dengan kata lain, hasilnya akan lebih baik sekitar 150 kali dibandingkan dengan harus melakukan latihan olahraga yang normal di tempat kebugaran lainnya. Lebih dari 15 menit latihan akan membuatnya tergolong dalam overtraining dan cenderung akan melemahkan otot kamu. Durasi waktu latihan yang sebentar ini maka dapat disimpulkan bahwa olahraga ini cocok buat kamu yang sibuk namun ingin tetap bugar.
Perlu diingat, setelah melakukan latihan EMS tubuh kita perlu beristirahat selama 2 hari untuk melakukan latihan-latihan lainnya agar tidak terlalu memforsir tubuh. Karena tubuh kita memiliki batas k
ekuatan tubuh yang mana jika dilakukan secara berlebihan justru akan tidak baik karena terlalu dipaksakan.

Jika kamu memiliki pertanyaan mengenai latihan ini, semuanya telah dijawab dengan jelas pada link: https://20fit.co.id/guide/faq .

Btw, lokasi 20FIT ini banyak tersebar di Jakarta dan juga beberapa provinsi lainnya. Ada banyak promo yang diberikan, sering-sering cek websitenya atau bisa dilihat pada gambar di bawah :)
harga latihan gym di 20fit
harga latihan EMS di 20FIT
20FIT Sunter
Ruko Puri Mutiara
Jl. Sunter agung blok C - 17, Komplek Food Centrum Sunter


(021) 6531 8510 / 11

0821-1224-9530

sunter@20fit.co.id
 









You Might Also Like

0 komentar

INSTAGRAM FEED