Tercengang Melihat Aneka Hewan Ekstrem di Pasar Tomohon Manado

Oktober 17, 2018

Ada yang bisa tebak itu hewan apa aja?
Akhir September 2018 lalu, saya berkesempatan mengunjungi kota Manado, Sulawesi Utara untuk melihat keindahan alamnya yang terkenal yakni Pulau Bunaken. Selain kulinernya  yang enak, alamnya yang indah, ternyata tanah Manado juga memiliki aktivitas unik yakni dijualnya berbagai hewan ekstrem di Pasar tradisional Beriman Tomohon, Sulawesi Utara. "Ekstrem? Yakin? Segreget apa sih pasarnya?", saya terus-terusan bergumam dalam hati.

*Warning: postingan ini berisi gambar yang tidak biasa. Jika kamu tidak tahan melihatnya silakan tutup laman atau tutup gambar dengan tangan kiri kamu

Dari Kota Manado menuju Pasar Ekstrem Beriman Kota Tomohon dibutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam karena pasar ini terletak di daerah kaki gunung Gunung Lokon dan Gunung Mahawu. For your information, daerah Tomohon ini karena letaknya di daerah gunung maka di sana terdapat banyak sekali tempat wisata yang indah, maka sebelum bersenang-senang, nggak ada salahnya kan mampir ke tempat ekstrem dulu untuk menghilangkan rasa penasaran dengan "pasar paling horor se-Indonesia" ini?

Ini dia Pasar Beriman Kota Tomohon.
Dari luar pasar ini tampak biasa, ada banyak pengunjung yang berlalu lalang sambil membawa tentengan belanjaan dan banyak penjual sayur yang menjajarkan dagangannya di depan pasar sehingga akses untuk memasuki pasar ini sedikit tertutup.

Keadaan normal berubah menjadi tak biasa setelah saya mulai masuk ke dalam pasar. Suasana pasar agak sedikit remang-remang, wajah para penjual berwarna orange yang terkena cahaya biar dari terpal orange yang menutupi sekeliling pasar. Di sana terdapat meja tegel putih ala pasar tradisional, namun di atasnya yang dijajarkan bukan sembarang hewan melainkan hewan unik seperti babi, kelelawar, kucing, anjing, ular, babi hutan, biawak, dan tikus. Karena pada saat itu kami mengunjungi sekitar jam 10 pagi, maka hewan yang dijual sudah mulai menipis dan tidak sebanyak kalo kita datang sekitar pukul 4-5 pagi yang mana kondisi hewan masih banyak dan segar. Coba bayangin hihihi

kelelawar yang sayapnya telah dipisahkan terlebih dahulu
ular (kiri) dan sayap kelelawar (kanan) 

Kenapa sih warna hewannya hitam? Karena sebelum dijual para penjual membakarnya terlebih dahulu agar kondisi daging yang dijual bersih dari bulu-bulu halus. Biar nggak greges kalo dimakan gitu~

anjing yang katanya menjadi daging favorit di sana
Pasar Beriman Tomohon merupakan satu-satunya pasar yang memperjual belikan secara terang-terangan aneka hewan ekstrem tersebut di Sulawesi Selatan bahkan di Indonesia! Katanya, Suku Minahasa yang mana masyarakat asli Sulawesi Utara dikenal dengan pemakan segala jenis hewan karena mereka menganggap bahwa selama daging hewan bisa diolah dan dimakan, kenapa nggak? hehehe



daging dan kepala babi yang telah dikuliti

Saya agak sedikit tercengang setelah mendengar harga dari masing-masing hewan yang dijual dan ternyata lebih mahal dari daging ayam. Untuk daging babi dibandrol harga Rp60.000/kilogram, daging anjing Rp35.000/kilogram, daging kelelawar Rp60.000/kilogram, dan untuk babi hutan Rp50.000/kilogram. Gimana... gimana.... Niat beli nggak? 😀
sisi lain Pasar Beriman Tomohon
Di sebrang wilayah penjual hewan ekstrem, terdapat pedagang biasa seperti sayuran, umbi-umbian, sembako, perabot, hingga makanan yang dibuat dadakan di sana. Nah, untuk pecinta kacang merah brenebon khas Manado, kamu bisa mendapatkannya di sini dengan harga Rp20.000/liter saja. Katanya, kacang brenebon yang dibeli langsung di Manado lebih lezat ketika diolah  danlebih tahan lama. Cocok buat oleh-oleh Mama atau calon mertua hihi
kue apem dibuat dadakan
Sambil keliling, saya terhenti di depan ibu penjual yang sibuk membolak balikan kue apem di atas pemanggangnya. Kue ini terdiri dari apem dengan gula merah dan apem dengan gula putih yang terlihat jelas dari warnanya. Harganya Rp10.000/7 buah bebas pilih. Saat dicoba rasanya enak dan kue apemnya empuk seperti tekstur squishy, namun karena sebelumnya melihat pemandangan aneka hewan ekstrem dengan percikan darah, seketika nafsu makan hilang dan agak mual. Ternyata, Rizka Wulandari bisa hilang nafsu makan juga.



You Might Also Like

9 komentar

  1. Mual sekali aku melihatnya.
    Meski udh diperingati diawal berisi gambar yg tidak biasa, tp kan tetep penasaran. Aku jijik aku jijik wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berusaha untuk tidak jyjyk, tidak jyjyk mba wk

      Hapus
  2. Ya Allah... Aku gak nyangka ada pasar yg emang memperjual belikan hewan2 itu dengan bebas. Btw... Ceu klo yg tikus itu beneran ada juga?

    Di sini mah isu baso terbuat dri daging daging tikus aja gak laku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adaaaa. Cuman karena kmaren gue siang jadi udah soldout katanya.
      Kalo mau lengkap subuh ke sana bebas pilih wk

      Hapus
  3. serem banget pasarnya, pastinya bau hewan-hewan itu sudah bercampur dan bikin eneg ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan bau yang bikin eneg, tapi visualisasinya hihi

      Hapus
  4. Ya ampun sist, baca ini pala oe langsung keliyengan. Asli. Dari awal mau lanjut baca apa enggak ragu, tapi penasaran. Huaaa :"( pantes ya bikin nafsu makan hilang. hmm. hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi keren sih bisa berani masuk kesitu, kalo aku mungkin udah mual duluan. heuheu

      Hapus
    2. kalo disuruh nyoba makanannya pasti aku mual juga hihihi

      Hapus

INSTAGRAM FEED