Bergaya dengan Aneka Mural 3D ala Jalan Kakap Jakarta Utara

November 16, 2018


cara ke tempat mural 3D di jakarta
Jangan ribut... Nanti ketauan!

Siapa yang nggak tau tentang Mural Street Art yang menjadi salah satu objek wisata favorit saat melancong ke Penang, Malaysia? Yap, sekarang kamu nggak perlu pergi jauh-jauh pergi ke negri jiran karena Jakarta sudah punya karya mural tiga dimensi yang nggak kalah keren!

alamat mural 3D di jakarta
bersepeda dengan mural 3D ala Jalan Kakap Jakarta
Sore itu saya sengaja eksplor Jakarta yang sedikit berbeda, kemudian terbesitlah untuk mengunjungi Jalan Kakap yang memang sudah menjadi cantik berkat mural 3D saat momen Asian Games kemarin.

Jalan Kakap terletak di daerah Penjaringan Jakarta Utara, namun kamu tidak usah khawatir karena lokasinya hanya berjarak 2,9 km dari wilayah Kota Tua Jakarta Barat atau berada di samping tempat bersejarah 
Galangan Kapal VOC sehingga mudah ditemukan.

alamat mural 3D di jakarta
dari anak-anak hingga orang dewasa tertuang menjadi mural yang artistik 
mural 3 dimensi jalan kakap jakarta
dari pantun hingga penjual kerak telor. Jakarta punya gaye

Ada banyak jenis mural yang tersaji di sepanjang Jalan Kakap baik mural 2D maupun yang 3D. Umumnya mural bergambar objek makhluk hidup seperti anak-anak dengan segala aktivitasnya yang menarik hingga gambar orang dewasa dengan berbagai profesi. 

mural 3 dimensi jalan kakap jakarta
jujur, lebih berat beban hidup daripada gerobak ini

Yang menarik perhatian saya, dari berbagai mural 3D yang ada terdapat beberapa benda hidup sehingga para pengunjung bisa langsung berfoto langsung seperti gerobak, sepeda, dan tangga dengan background anak kecil sedang bermain petak umpet. Selain itu ada mural khas Jakarta banget seperti mural patung pancoran, patung pemuda membangun Senayan, serta ondel-ondel yang eyecatching. Ada juga mural Benyamin Sueb yakni aktor dan penyanyi terkenal di Indonesia asli tanah Betawi.

mural tiga dimensi jakarta
mural almarhum Benyamin Sueb
mural patung jakarta
mural patung Jakarta
Cantiknya mural yang ada di Jalan Kakap ini merupakan karya seniman John Martono yaitu seorang dosen seorang dosen seni tekstil di Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB) yang juga sosok di balik mural yang menghiasi jalan layang Antapani Bandung yang keren, serta karya komunitas mural Swapiness.
Menurut saya, tempat ini bisa dijadikan objek wisata yang berpotensi karena desain mural tersaji sangat artistik, instagramable, dan menarik serta "Jakarta banget" sehingga bisa dijadikan salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika kamu datang ke ibu kota. Namun pada kenyataannya, tempat ini sangat sepi dari para pengunjung padahal pada saat itu saya datang ketika sore pada hari Sabtu yang mana seharusnya banyak dikunjungi orang untuk sekedar berfoto atau jalan santai. Fyi, tempat mural 3D ini berada di area bangunan bersejarah Galangan Kapal VOC dan membentang hingga ke jalan belakang sampai.


jalan kakap mural jakarta
Jalan Kakap yang dilengkapi petunjuk menuju mural terkenal

Jadi kapan ke sini, sob? 

You Might Also Like

2 komentar

  1. Wah keren kak, aku baru tau tempat ini dari artikel kaka. Semoga tempat ini secepatnya bisa jadi tempat wisata unggulan Jakarta #aamiin. Dan bisa memberdayakan teman-teman berbakat di Jakarta khususnya :)

    BalasHapus
  2. Pan kapan harus kesini nih. Lucuuuuk. Temenin doooong :p

    BalasHapus

INSTAGRAM FEED