Main ke Bandung Planning Gallery, Wisata Edukasi Gratis Paling Canggih di Indonesia

Januari 15, 2019

Lokasi Bandung Planning Gallery
The most futuristic public space I've ever visited

Memboyong seluruh keponakan untuk berenang gratis di Taman Sejarah Bandung, merupakan ritual rutin keluarga saya. Sembari menunggu keponakan yang sedang keciprukan di kolam yang tersedia, pandangan saya tertuju ke gedung putih di sebelahnya yang dinamai "Bandung Planning Gallery". Karena para bocah cilik terlihat sudah agak mandiri untuk ditinggal sebentar, saya menghasut Mama untuk berkunjung ke gedung yang telah lama saya idamkan ini. Tampaknya Mama agak sedikit mager karena sedang berada dalam kondisi duduk pewe dengan angin sepoi-sepo, tapi demi anak manisnya akhirnya ia rela beranjak untuk menjadi fotografer dadakan saya.


Cara ke Bandung Planning Gallery
Mama di depan Bandung Planning Gallery
Berlokasi di Jalan Aceh no.36, Bandung, tempat ini sangat mudah ditemui karena lokasinya berada di samping Taman Sejarah Bandung tepatnya satu komplek dengan Balaikota Bandung dan sangat dekat dengan mall tengah kota Bandung Indah Plaza. Bisa dibilang taman ini adalah tempat favorit saya untuk hunting karena ornamen yang ada di sini sangat modern dengan lokasi yang super strategis. One stop exploring tourism place in Bandung!

Bandung Planning Gallery
can you feel this hi-tech vibes? 


Sejak pertama kali membuka pintu saya dihadapkan dengan meja resepsionis yang keren. Semua interior yang ada bernuansa putih dengan material yang mengkilat dipadu dengan bentangan lampu LED sehingga menciptakan suasana yang bersih, modern, dan canggih layaknya di film robot. Ternyata Bandung Planning Gallery merupakan anjungan perencanaan kota pertama di Indonesia yang sudah sama kerennya dengan Singapore City Gallery!


Bandung skybridge dan cable car
Cable car in Bandung! OMG, can't wait!

Di sebelah kiri pintu kedatangan terpampang bentuk asli Bandung skybridge yang rencananya akan hadir di Bandung masa depan. Melihat bentuknya saya membayangkan suatu hari nanti bisa menaikinya dari arah Dago atas hingga alun-alun cukup dengan cable car ini. Sementara di sebelah kanan tersedia layar lebar berisi video penjelasan kang Emil a.k.a Ridwan Kamil tentang Bandung Planning Gallery. You're rock, Kang! 
cara ke Bandung Planning Gallery
maket Kota Bandung

Memasuki bagian dalam, saya melihat ada papan hijau luas dengan beberapa layar di samping yang ternyata merupakan maket kota Bandung di masa kini dan masa depan. Di sisi kanan kirinya terdapat layar sentuh yang menampilkan berbagai informasi detil tentang kota Bandung serta berbagai proyeksi video mapping tentang rencana pengembangan serta pembangunan kota Bandung ke depannya. Zuzur, sebagai warga kota kembang, banyak informasi yang saya baru tau setelah membaca di sini. Jadi merasa pintar :))

harga tiket Bandung Planning Gallery
A happy-go-lucky girl is in the house
Selain layar informasi, di sana juga terdapat tombol unik yang jika kita tekan bisa menunjukkan berbagai lokasi terkenal di dalam maket kota Bandung. Dengan sigap saya mencoba berbagai tombol demi melihat beberapa tempat kenangan yang telah saya datangi sewaktu muda. Ada rencana jaringan LRT, Gedung Sate, Stasiun Bandung, Aula  Barat dan Timur ITB. Jadi baper :(

dimana Bandung Planning Gallery
suasana di dalam Bandung Planning Gallery

Mural flat design mewarnai seluruh dinding ruangan diselingi dengan layar sentuh yang tertanam di dinding yang berisi video informasi dengan konten yang berbeda di setiap layarnya. Ada yang membahas Bandung Creatif Center Forum sebagai komunitas kreatif di Bandung, rancangan program kerja kreatif dari berbagai dinas, rancangan berbagai fasilitas modern dan canggih, dan masih banyak lagi.

tempat wisata keren di bandung planning gallery
auto pinter pulang dari sini
Yang menarik di sini, ada beberapa spot yang membuat tempat ini bukan hanya canggih tetapi juga sangat seru! Ini daftarnya..


Zona Dunia Harapan

tempat wisata murah di bandung planning gallery

Spot ini berbentuk setengah bola dunia yang diisi banyak tempelan post-it masyarakat yang menuliskan cita-citanya masing-masing. "Bermimpilah, karen Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu," - Andrea Hirata.

Zona Virtual Reality


apa itu virtual reality


Penasaran ingin mencoba teknologi virtual reality seperti di film Ready Player One? Di sini kita bisa mencobanya dengan tema tentang urban mobility ala Bandung masa depan. Keren parah!

Zona Bandung Teknopolis

apa itu Bandung Teknopolis
Kiri: maket Bandung Teknopolis. Kanan: maket Jalan Asia Afrika Bandung
Kamu pasti sudah tau dengan Silicon Valley di United States? Nggak perlu jauh ke Amerika, beberapa taun ke depan tempat serupa akan hadir di Bandung tepatnya di daerah Gedebage yang dinamakan Bandung Teknopolis. Di sini diterangkan rencana pengembangan infrastruktur dan konsep dari kawasan tersebut. 


Zona Konsultasi Tata Ruang

Bandung Planning Gallery

Ruang ini disediakan untuk berdiskusi terkait perencanaan pembangunan kota yang bisa dipakai dan dipinjam untuk berbagai kegiatan terkait tata kota.

Zona Hiburan

Bandung Planning Gallery

Di sini kita bisa mencoba permainan untuk kembali ke masa lalu. Ketika menjawab beberapa pertanyaan, hasilnya menunjukkan bahwa saya cocok jadi Noni Belanda *sisiran*.

Kesimpulannya setelah saya menjelajah Bandung Planning Gallery, tempat ini benar-benar menyajikan informasi yang lengkap tentang Kota Bandung dan berbagai perencanaan kegiatan serta pembangunan infrastruktur Kota Bandung ke depannya. Semuanya dibalut dengan teknologi canggih dan modern. Apalagi, harga tiketnya gratis dan bisa dijadikan tempat wisata menarik dan hemat jika kamu ingin berkunjung ke Bandung ;)



Bandung Planning Gallery
Jalan Aceh no.36, Bandung
Jam buka: Senin-Sabtu
pukul 09.00–16.00

You Might Also Like

2 komentar

  1. OMG! Ya Ampuuun. Kenapa sih Bandung sekeren ini dan makin keren aja. Apalagi kalo planningnya bener2 terealisasi suatu hari nanti. Mungkin bakalan betah tinggal di Bandung. Huaaa, jadi pengen ke Bandung lagi, mampir ke Bandung Planning Gallery ini. :") Gratis lagi kan! Kereeeen bebsss!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa keren parah pertama di Indonesia gallery tentang tata kota macem gini.
      Free dan yang penting banyak spot instagramable :D

      Hapus

INSTAGRAM FEED