Survey Biaya Lahiran Normal dan Caesar Rumah Sakit di Jakarta Selatan per Desember 2020

Desember 30, 2020

 

Tahun 2020 merupakan tahun yang berkah bagi saya. Karena di awal tahun, tepatnya tanggal 11 Januari 2020 saya berhasil mengikat janji suci yang kami beri nama #GarizTemu dan alhamdulillah, empat bulan kemudian saya dan suami diberikan kepercayaan untuk memiliki buah hati. Rasanya, speechless, nggak terbayangkan, dan sangat bersyukur.

Pada bulan Desember 2020 ini, usia kandungan saya sudah menginjak 33 minggu yang mana 5 minggu menuju hari perkiraan lahir. Karena ini kehamilan pertama saya, dan di kota perantauan, maka tidak banyak informasi yang saya dapatkan. Setelah melewati beberapa pertimbangan, akhirnya kota Jakarta saya pilih untuk lahiran nanti dibandingkan harus ke Bandung kampung halaman saya. Selain itu, mengapa rumah sakit yang dipilih sebagai tempat lahiran dibandingkan bidan atau klinik? Jawabannya, karena ini adalah kehamilan pertama saya sehingga saya ingin saat prosesnya nanti ditangani oleh bidan sekaligus dokter spesialis. Ya, setiap orang tentunya ingin yang terbaik dalam proses persalinan nanti, semoga semua prosesnya nanti diberikan kelancaran. Aamiin

Kenapa baru survey di trimester ketiga?

Tahun ini seluruh dunia dilanda pandemi covid-19. Sehingga dari awal kehamilan, saya kebingungan dalam mencari rekomendasi dokter spesialis kandungan untuk kontrol kehamilan. Dulu saya berpikir bahwa rumah sakit merupakan zona merah yang perlu dihindari, maka dari itu setelah saya cari referensi alhamdulillah ternyata di tempat saya bekerja ada Pusat Pelayanan Pegawai yang mana tersedia berbagai jenis dokter spesialis setiap harinya termasuk beberapa bidan di dalamnya.

Selama kontrol kandungan, saya berkonsultasi secara giliran dengan bidan dan dokter spesialis yang ternyata juga praktik di salah satu rumah sakit swasta terkenal di Jakarta. Selain biayanya yang gratis dari mulai konsultasi, USG, sampai klaim obat generik untuk vitamin ibu hamil, yang membuat saya nyaman adalah karena pasien sangat sedikit dan sepi karena memang dikhususkan untuk pegawai saja.

Maka dari itu, setelah menginjak trimester ketiga, saya mulai searching dan survey tempat untuk persalinan nanti dengan biaya pribadi. Anyway, karena saya hanya memiliki asuransi BPJS, ternyata peraturan terbaru prosedur persalinan jika kita ingin lahiran bebas biaya maka harus dilakukan di Faskes Tingkat I yakni Puskesmas seluruh Jakarta yang ditangani oleh bidan, kemudian jika mengalami kendala baru bisa dirujuk ke rumah sakit lanjutan yang berada di kawasan sekitar Puskesmas Faskes Tingkat I, jadi untuk rumah sakitnya tidak bisa atas dasar pilihan kita sendiri.

Yap, setelah berkonsultasi maka akhirnya saya memutuskan untuk memilih lahiran jalur umum di rumah sakit yang letaknya tidak jauh dari tempat saya tinggal yaitu di sekitaran daerah Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Semoga ada rejekinya ya, bismillah hehehe. Oiya, letak rumah sakit dari nomor 1 s.d 4 itu berdekatan alias satu kawasan jadi enak banget kalo buat survey, sedangkan untuk yang nomor 5 agak jauh sedikit. So here it is, Daftar Biaya Lahiran Normal dan Caesar di 5 Rumah Sakit per Desember 2020...

1. Rumah Sakit Andhika

RS Andhika Jagakarsa
suasana RS Andhika Jagakarsa

RS Andhika ini terletak di Gudang Baru, Jalan Wr. Sila No.8, RT.6/RW.4, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan. Oiya, RS ini dulunya merupakan RSIA namun sekarang beralih fungsi menjadi RSU. Karena saya hanya survey, jadi saya hanya mengunjungi sampai bagian informasi. Untuk tempat parkirnya sendiri sebenarnya tidak terlalu besar, namun untuk rumah sakitnya sangat luas. Bagian informasi semi outdoor sehingga enak untuk yang was-was datang ke rumah sakit. Oiya, di pintu masuk juga ada ruang khusus tempat bermain untuk anak kecil sehingga tidak bosan saat menunggu. Berikut biaya untuk lahiran normal dan tindakan caesar di RS Andhika Jagakarsa.

harga lahiran di rumah sakit andhika jagakarsa
harga lahiran di Rumah Sakit Andhika Jagakarsa 

Untuk harga tersebut hanya mencakup biaya bidan, dokter, dan kamar. Untuk biaya bersih seperti obat dll, dari nominal tercantum perlu ditambah sekitar 3 juta lagi. Waktu inap lahiran normal di RS Andhika yakni 2 hari sedangkan untuk caesar 3 hari. Perbedaan harga yakni untuk kelals II dan kelas III diisi beberapa pasien namun untuk kelas I dan VIP hanya diisi 1 orang pasien. Fyi, RS Andhika menerima rujukan pasien caesar BPJS Kesehatan dari Faskes Tingkat I.

Info lebih lanjut tentang RS Andhika bisa hubungi (021) 78887087 atau website http://rsandhika.com/

2. Rumah Sakit Ali Sibroh Malisi

suasana RS Ali Sibroh Malisi
suasana RS Ali Sibroh Malisi

RS Ali Sibroh Malisi terletak di Jalan Wr. Sila No.1, RT.8/RW.5, Gudang Baru, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, tepatnya di seberang RS Andhika. Baru kali ini saya melihat ada rumah sakit saling berseberangan hehe.


Rumah Rumah sakit ini memiliki parkiran yang sangat luas, dari luar terlihat tampilan bagunan gedung yang sudah tua namun ternyata saat melaju ke dalam interiornya sangat modern. Berikut biaya lahiran di RS Ali Sibroh Malisi.


harga lahiran di RS Ali sibroh malisi
harga lahiran di RS Ali Sibroh Malisi


Untuk harga tersebut sudah mencakup semuanya, terkecuali ada tambahan untuk transfusi darah dan rapid test di luar biaya tercantum. Fyi, RS Ali Sibroh Malisi menerima rujukan pasien caesar BPJS Kesehatan dari Faskes Tingkat I.

Info  lebih lanjut tentang Ali Sibroh Malisi bisa hubungi (021) 7270681 atau website https://www.rsalisibrohmalisi.com/

3. Rumah Sakit Aulia

RS Aulia. sumber foto

RS Aulia lokasinya di Jalan  Jeruk Raya No.15, RT.11/RW.1, Jagakarsa, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan atau sekitar 2 km dari RS Andhika dan RS Ali Sibroh. Saat berkunjung ke sana saya tidak sempat mengambil gambar hehe. Untuk tempat parkir bisa dibilang cukup, suasana rumah sakitnya seperti lorong-lorong, untuk ke bagian pendaftaran saja saya perlu jalan ke dalam, kemudian turun beberapa anak tangga. Dan inilah daftar biaya persalinan di RS Aulia Jagakarsa Jakarta Selatan.

Biaya lahiran di RS Aulia Jagakarsa
Biaya lahiran di RS Aulia Jagakarsa 

Untuk harga tersebut sudah termasuk biaya administrasi, kamar, dokter, obat standar. Di awal kedatangan perlu deposit Rp3 juta terlebih dahulu. Fyi, RS Aulia Jagakarsa menerima rujukan pasien caesar BPJS Kesehatan dari Faskes Tingkat I. 

Info lebih lanjut tentang 
RS Aulia Jagakarsa bisa hubungi 
(021) 21798462.

4. Rumah Sakit Zahirah

Biaya persalinan RS Zahirah
RS Zahirah sumber foto

RS Zahirah lokasinya di Jl. Sirsak No.21, RT.9/RW.1, Jagakarsa,  Jakarta Selatan atau sekitar 500meter dari RS Aulia. Tempat parkirnya cenderung sempit, sehingga jika kita membawa mobil perlu parkir di luar gedung. Kemudian saya masuk ke bagian informasi saat itu di bagian lobby penuh sekali, entah pasien atau pengantar. Berikut daftar biaya lahiran normal dan caesar di RS Zahirah Jagakarsa.

Biaya lahiran di RS Zahirah Jakarta Selatan
Biaya lahiran di RS Zahirah

Untuk harga tersebut belum termasuk administrasi 6,5% dari total biaya (max Rp5juta),  jasa pelayanan 15% dari total biaya rawat inap, obat dan BHP yang diresepkan, pemeriksaan penunjang medis seperti laboratorium, radiologi, dan fisioterapi, dan tarif dokter jaga ruangan perawatan adalah untuk 1-3 hari. Fyi, RS Zahirah Jagakarsa menerima rujukan pasien caesar BPJS Kesehatan dari Faskes Tingkat I.

Info lebih 
lanjut tentang RS Zahirah bisa hubungi (021)7872210 atau website http://rszahirah.com/.

5. RS Jakarta Medical Center

Jakarta Medical Center sumber foto

RS Jakarta Medical Center lokasinya di Jl. Warung Buncit Raya No.15, RT.10/RW.5, Kalibata, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan atau sekitar 14 km dari tempat saya tinggal namun tempatnya sangat strategis karena ada di jalan raya utama. Karena lokasinya lumayan jauh, akhirnya mengurungan niat untuk survey dan memutuskan untuk bertanya via telefon saja. Informasi biaya lahiran normal di JMC juga sudah saya peroleh dari akun instagramnya, berikut daftar biaya lahiran normal dan caesar di Jakarta Medical Center.

Biaya lahiran di Jakarta Medical Center
Biaya lahiran di RS Jakarta Medical Center

Untuk harga tercantum belum termasuk alat-alat kesehatan, obat-obatan, dan visit dokter. Operatornya bilang bahwa nominal finalnya adalah nominal tercantum ditambah Rp5 juta. Fyi, Jakarta Medical Center belum dapat melayani pasien BPJS.

Info lebih lanjut tentang 
RS Jakarta Medical Center bisa hubungi (021)7980888 atau website https://rsjmc.id/

***

Semoga informasi yang dibagikan bisa membantu para calon ibu yang penasaran dengan biaya melahirkan di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan. Semangat untuk saya dan para bunda yang sedang berjuang menjaga si buah hati sampai waktunya nanti ia dilahirkan ke dunia.

Semoga kita dan bayi yang dikandung diberikan rejeki melimpah, rahmat keberkahan, kesehatan yang maksimal, dilindungi dari segala penyakit dan virus, serta diberikan umur panjang. Aamiin :)



You Might Also Like

17 komentar

  1. Mantap juga nih postingannya, semoga gak naik banyak di tahun ini 😁

    BalasHapus
  2. Wah berguna nih ibu2 hamil yg mo ngelahirin. Klo tahu harganya dari awal bisa pilih sesuai budgetnya

    BalasHapus
  3. ALhamdulillahh.... semoga lancaaarr, sehat semua yaaa debay, mama papa
    jadi generasi yg baik, sholeh(ah) yaaa
    Aaamiin aamiinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Allah..
      Makasih doanya Mba Nurul.
      Semoga terkabul semuanya :)

      Hapus
  4. Semoga lancar persalinannya nanti ibu dan adik bayi sehat semua....Pokoknya dibawa santai mbak. Biasanya kalau anak pertama tuh, kita bawaannya kan nervous. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benerrrr nervous banget kayak gatau harus gimana :")))

      Makasih do'anya, Mba.
      Aaaamiiin semoga semua prosesnya lancar, ibu dan bayinya sehat hihi

      Hapus
  5. Masya Allah nominalnya :o Auto-membandingkan dengan biaya melahirkan 14 tahun lalu.
    Semoga dilancarkan rezeki dan persalinaannya ya, Rizka. Sehat-sehat semuanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iyaaaa...
      Sekarang lahiran harganya range segitu :")

      Aaaamiin makasih banya doanya mba Triani

      Hapus
  6. Terima kasih banyak untuk sharingnya mbak. Informatif dan sangat mencerahkan. Semoga mbaknya persalinannya lancar, anak dan Ibu diberikan kesehatan dan kelancaran selama prosesnya... Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Makasih doanya Kak Rahman.
      Semoga terkabul semuanya :")

      Hapus
  7. semoga lancar ya kak, stay safe and stay healthy :D

    BalasHapus
  8. Mba maaf, akhirnya melahirkan dimana ya? Karena lokasi rumah kita tidak berjauhan. Ingin dengar rekomendasi tempat melahirkannya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya akhirnya lahiran normal di RS Ali Sibroh ambil kelas vip kak :)

      Hapus
    2. Kalo boleh tau biaya nya brp bu rizka

      Hapus

INSTAGRAM FEED